Perppu Ormas Upaya Pemerintah Lemahkan Sipil "Umat Islam"

Baca Juga 


Perppu Ormas Upaya Pemerintah Lemahkan Sipil "Umat Islam"
 



KabarViral - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2/2017 sebagai perubahan atas Undang-Undang 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Keputusan itu merupakan kelanjutan atas langkah pemerintah yang merencanakan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Dewan Pembina Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Indonesia (Ilmispi) Riyanda Barmawi menilai bahwa pemerintah sedang mengalami ketakutan atas gejolak politik yang terjadi akhir-akhir ini.

"Kita paham betul bahwa rezim Jokowi sangat takut dengan ormas ini. Salah satu ketakutannya terhadap HTI karena gencar menolak sistem demokrasi Indonesia dan dituding anti Pancasila," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (16/7).

Menurut Riyan, pemerintah telah mengabaikan aspek hukum dalam isi perppu, di mana isi perppu tidak ada mekanisme hukum yang diberikan terhadap ormas yang menandakan pemerintah lemah dalam berargumentasi secara hukum.

"Bahkan, rezim ini secara terang-terangan akan mengebiri hak berserikat bagi ormas," paparnya.

Untuk itu, dia meminta Presiden Jokowi sebaiknya segera mencabut Perppu Ormas. Jika tidak maka akan menjadi preseden buruk bagi Jokowi dan juga berdampak terhadap elektabilitasnya pada Pilpres 2019.

"Saya pikir ini hal yang serius. Silahkan publik mengambil sikap apakah Jokowi layak memimpin atau tidak," tegas Riyan. -kabarviral/rmol

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top