Tujuh Alumni Aksi 212 Mendeklarasikan Partai Syariah

Baca Juga 


Tujuh Alumni Aksi 212 Mendeklarasikan Partai Syariah
 

Umatuna.com, Jakarta  - Tujuh orang alumni aksi 212 hari ini mendeklarasikan berdirinya partai politik bernama Partai Syariah. Partai tersebut dibentuk dengan tujuan untuk membangun parlemen yang bersih dan bernuansa Islam.

"Kami harus membangun parlemen. Kami harus mempermainkan parlemen melalui partai Islam," kata Ma'ruf Halimuddin, salah satu penggagas Partai Syariah di Gedung Juang 45, Jakarta, Senin, 17 Juli 2017.

Ma'ruf mengatakan partai ini digagas oleh tujuh orang alumni 212. Ketua penggagasnya adalah Siti Asmah Ratu Agung. Sejak dibentuk sebulan yang lalu, kata dia, Partai Syariah menggunakan iuran  peserta aksi 212 untuk membiayai operasional partai.

"Partai ke depan saya harap menumbuhkan rasa kemandiriannya. Kami mengajak semua elemen, semua anggota untuk berkontribusi," kata Ma'ruf.

Menurutnya Partai Syariah belum memiliki anggota resmi. Sejak dibentuk, penggagas partai bergerilya melalui media sosial untuk menyaring anggota. "Kami mencoba membangun lewat WA di 34 provinsi. Sudah ada sekitar 400 lebih grup. Kalau ditanya berapa anggotanya sekarang, masih nol," ujar Ma'ruf.

Meski begitu, kata Ma'ruf, beberapa partisipan Partai Syariah sudah membentuk posko di daerahnya. Di antaranya adalah Sulawesi dan Aceh. Posko ini nantinya bakal digunakan untuk sekretariat.

Ma'ruf berujar syarat utama untuk menjadi anggota Partai Syariah adalah beragama Islam. "Karena pure di sini 1000 persen partai muslim," ujarnya.

Sedangkan siap ketua umum partai, nantinya akan dipilih oleh ulama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI). Ma'ruf menjelaskan setiap daerah dipersilakan mengirim nama-nama kader sebagai calon ketua. Selanjutnya nama itu seluruhnya dikirim ke ulama yang bakal memilih ketua umum.

"Kami sodorkan kepada yang lebih menguasai keislaman, syariatnya, mereka yang akan memilih," ujar Ma'ruf. Ia mengatakan tidak ada batasan berapa jumlah kader yang dicalonkan sebagai ketua umum.

Ma'ruf berharap berdirinya Partai Syariah ini bisa menginspirasi alumni 212 lain untuk membentuk partai serupa. Tujuannya agar lebih banyak lagi Umat Islam yang bisa menguasai parlemen dan pemerintahan. "Semoga dilanjutkan 2018 atau diujung 2017 akan ada partai-partai lainnya. Saya berharap lima-enam partai  Islam lagi yang sama," katanya.

Menurut Ma'ruf, adanya organisasi kemasyarakatan (ormas) selama ini tidak cukup untuk menggaungkan kekuatan Islam. Terlebih ada banyak organisasi masyarakat Islam yang ditutup pemerintah.

"Kami dari Partai Syariah ini mengajak mereka berpikir jangan bermain di ormas saja saja. Hari ini kita harus mengasuh partai politik untuk merebut kemenangan di parlemen," ujar Ma'ruf. Sumber: Tempo

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 



KOTAK KOMENTAR



" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top