Bacaan Lengkap Doa Kamilin, Doa Setelah Shalat Tarawih Arab dan Latin

Baca Juga 

Bacaan Lengkap Doa Kamilin, Doa Setelah Shalat Tarawih Arab dan Latin
 


Bacaan lengkap doa kamilin / Pic source : kabar salmanitb

Ketika bulan Ramadhan tiba, hal yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam adalah melaksanakan ibadah wajib yakni berpuasa penuh selama sebulan lamanya.

Karena perintah tersebut memang tertulis di dalam Al-Qur'an dan hadist, seperti misalnya berikut ini.

Artikel pilihan : Bacaan Doa Tahlil Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin Beserta Artinya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي الصِّيَامُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

"Puasa adalah perisai. Maka janganlah dia berkata-kata kotor dan berbudat bodoh. Apabila ada orang lain yang memerangi atau mencacinya, hendaklah dia katakan, 'Aku sedang puasa' (dua kali).

Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah ta'ala daripada bau minyak kasturi.

Dia rela meninggalkan makanan, minuman, dan syahwatnya karena Aku. Puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya." (HR. Bukhari dalam Kitab as-Shiyam)

Oleh karena itulah, kita sebagai umat Islam yang diperintahkan untuk berpuasa dan menahan lapar serta haus.

Guna melatih kesabaran diri dan juga berdampak pada kesehatan. Selain itu berguna sebagai perisai yang menghalangi seseorang untuk berbuat maksiat dan dosa.

Membahas tentang pernak-pernik Ramadhan, yang salah satunya adalah anjuran untuk berpuasa, selain itu ada pula anjuran untuk melaksanakan ibadah yang hanya ada pada bulan suci tersebut.

Misalnya saja berzakat, makan sahur, hingga melaksanakan shalat tarawih.

Nah, akan diulas lebih lengkap tentang shalat tarawih dan fakta unik di dalamnya berikut ini, salah satunya adalah doa setelah shalat tarawih.

Pengertian Shalat Tarawih

Selama bulan Ramadhan tiba, seluruh umat Islam akan berlomba untuk memperbanyak amalan baik, dan berharap akan begitu seterusnya meskipun ramadhan telah pergi nantinya.

Diantara ibadah yang dituntunkan oleh Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini adalah shalat tarawih, pun dengan doa setelah tarawih sesuai sunnah.

Pastinya kita dapat melihat dan merasakan, bahwa setiap kali Ramadhan tiba, semua kaum muslimin bersemangat untuk mendatangi masjid-masjid untuk menunaikan ibadah yang mulia ini.

Pengertian tarawih sendiri dalam bahasa Arab adalah bentuk jama' dari "tarwihatun" yang berarti waktu sesaat untuk istirahat.

Shalat Tarawih dilaksanakan secara berjamaah pada malam-malam bulan Ramadhan.

Sehingga dalam pelaksanaannya para jamaah bekumpul untuk shalat tarawih, kemudian beristirahat setelah dua kali salam.

(Yaitu setelah melaksanakan 2 rakaat ditutup dengan salam kemudian mengerjakan 2 rakaat lagi lalu ditutup dengan salam).

Adapun shalat tarawih tidak disyariatkan untuk tidur terlebih dahulu dan shalat tarawih hanya khusus dikerjakan di bulan Ramadhan.

Setelah melaksanakan ibadah tersebut, ada baiknya untuk kita menambahkan bacaan doa setelah tarawih untuk kebaikan diri sendiri.

Banyak doa yang dikhususkan ketika telah melaksanakan shalat tertentu, semisal saja doa setelah selesai shalat dhuha dan sebagainya.

Begitu pula dengan shalat tarawih ini. Lantas, adakah doa setelah tarawih tersebut? Itulah yang disebut sebagai doa kamilin

Bacaan Lengkap Doa Kamilin, Doa Setelah Shalat Tarawih

Bacaan lengkap doa kamilin / Pic source : tv14

Membahas tentang doa setelah melaksanakan shalat tarawih di bulan suci, maka ketika melaksanakan shalat tarawih sebanyak 23 raka'at bisa membaca doa kamilin pada raka'at ke-20.

Dan jika melaksanakan shalat sampai 11 raka'at saja, maka bisa dibacakan pada raka'at yang ke 8, kemudian dilanjutkan dengan shalat witir.

Inilah doa kamilin tarawih yang bisa diamalkan ketika telah melaksanakan shalat tarawih.

Doa kamilin atau doa selepas shalat tarawih

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. 

Allahummaj'alna bil iimaani kaamiliin, wa lilfa raa'idhi mu'addiin, walishalaati hafizhin, walizzakaati faa`iliin, wa limaa 'inndaka thaalibiin, wa li'afwika raajiin, wa bil huda mutamassikiin,

wa `anillaghwi mu' ridhiin.wa fiddunyaa zaahidiin, wa fil aaaaakhirati raaghibiin, wa bil qadhaaaaa'i raadhiin, walinna'maa'i syaakiriin,

wa'alal balaa 'i shaabiriin wa tahta liwaa'i sayyidina, muhammadinn shalallaahu 'alaihi wa sallama yaumal qiyaamati saa'iriina wa ilal hawdhi waridiin,

wa ilal jannati dakhilin wa minannaari naajiin wa`ala sariiril karaamati qaa`idiin, wa minhurin 'inin mutazawwijin, wa min sundusin wa istabraqin wa dibajin mutalabbisin,

wa min tha aa'amil jannati akiliin , wa min labanin wa'asalin mushaf fan syaribin,

bi akwabin wa abaariqa wa ka'sim min ma'iin ma`al ladzina an`amta `alaihim minan nabiy yina wash shiddiqina wasy syuhadaaaaa'i wash shaalihiin,

wa hasuna ula'ika rafiqaa, dzalikal fadhlu minalllahi wa kafa billaahi `aliima.

Allahummaj`alnaa fi hadzihil lailatisyyahris syariifatil mubaarakati minas su`adaa ilmaqbuuliina wa laa taj`alnaa minal asyqiyaa ilmarduudiina.

Washollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa alihi wa shohbihii ajma'iin.

Birahmatika yaa arhamar raahimiina walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin.

Artinya:

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban- kewajiban terhadap-Mu,

yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk,

yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akherat , yang ridha dengan ketentuan, yang ber¬syukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah,

yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad)

yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah de¬ngan para bidadari,

yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga,

yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih.

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya,

dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya, Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas penghulu kita Muhammad,

keluarga beliau dan shahabat beliau semuanya, berkat rahmat-Mu, oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.


Bacaan lengkap doa kamilin / Pic source : kharian depok

Artikel pilihan : Wirid, Dzikir dan Doa Setelah Shalat Wajib Lengkap Menurut Sunnah Nabi

Perlu untuk diketahui bahwa banyak pro kontra tentang doa kamilin ini, namun yang terpenting adalah berdoa demi kebaikan dan tak lepas dari adab berdoa yang ada.

Sehingga diharapkan doa setelah tarawih lengkap tersebut mampu dibaca, dihafal, dan diamalkan untuk menambah nilai ibadah yang lebih baik lagi di bulan suci yang hanya datang sekali setahun ini.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top