Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

Baca Juga 

Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami
 


Doa penutup acara latin yang lengkap / Pic source : varia

Di era sekarang ini, salah satu hal yang sangat dibutuhkan adalah saling berkomunikasi. Bukan hanya untuk memberikan kabar saja, namun juga hal yang lain.

Dalam hal berbisnis misalnya, komunikasi sangatlah penting untuk mereka yang ingin menjadikan usahanya lebih maju lagi.

Artikel pilihan : Doa Sebelum Adzan yang Penting Untuk Mengusir Jin dan Setan

Karena jika sampai salah komunikasi, maka jawabannya bisa saja ada salah persepsi dan mengakibatkan hal buruk dalam kinerja seseorang.

Oleh karena itulah, seringkali dalam hal berbisnis atau pun dalam lingkup yang paling sederhana saja, yakni dalam kelas ataupun antar warga kampung.

Berkumpul menjadi sarana yang tepat untuk memberikan masukan dan juga sebagai ajang untuk musyawarah mufakat.

Berkumpul juga menjadi sebuah alat untuk menyampaikan hal yang baik, seperti misalnya saja ketika berkumpul untuk melakukan pengajian, mendengarkan ceramah atau khutbah, dan lain sebagainya.

Antara komunikasi dan berkumpul, bagaimana pandangan Islam mengenai orang yang berkumpul untuk melakukan sesuatu?

Berkumpul dalam Pandangan Islam

Di dalam Islam sendiri anatar komunikasi dan juga berkumpul mempunyai pandangan yang saling terkait, dimana membangun komitmen berjamaah atau kebersamaan sesungguhnya adalah refleksi dari keimanan.

Dalam al-Quran tidak ada satu pun ayat yang diserukan kepada orang beriman secara individu (infiradi), tetapi secara sosial (jama'i)

"Ya ayyuhalladzina amanu", tidak "ya ayyuhal mukmin".

Manusia pada dasarnya adalah makhluk social (makhluk madani). Bahkan sesungguhnya inti keislaman kita di antaranya diukur dari ketrampilan dalam menjalin komunikasi (ad Din huwal mu'amalah).

Maka dari itu, sebagai seorang muslim yang dianjurkan untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT dalam keadaan apapun.

Salah satunya adalah berdoa ketika berkumpul atau acara bersama dengan membaca doa pembuka dan juga doa penutup acara.

Sehingga diharapkan dalam berkumpul tak akan ada yang sia-sia dan menjadi sebuah keburukan bersama.

Jadi, jika dalam sebuah acara disunnahkan untuk membaca doa pembuka dan penutup acara, mungkin ketika ingin membuka sebuah acara cukup dengan "bismillah" dan juga surat Al-Fatihah.

Lain halnya dengan doa untuk menutup misalnya doa penutup rapat atau meeting, dimana ada doa tersendiri yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagimana doanya?

Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

Doa penutup acara latin yang lengkap / Pic source :muhhafiz4

Inilah salah satu contoh ulasan doa penutup, misalnya saja doa penutup ceramah yang bisa dibaca agar mampu meraih ridha-Nya.

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadiri wa hadirat...sebelum kita memanjatkan do'a marilah kita tundukkan kepala sejenak kosongkan pikiran pusatkan hati kita menghadap kepada Allah, agar do'a kita diterima di sisi Allah Swt.

الْحَمْدُ لِلّه رَبّ الْعلمِيْن وَلصَّلاَةُ وَالسّلاَم عَلى اَشْرَفِ اْلاَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْن وَعَلى الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن اَمّا بَعْد

"Yaa Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, hanya rahmat dan kasih sayangMUlah sehingga segala aktifitas kami dalam acara ini berjalan dengan lancar walaupun menguras waktu, tenaga dan pikiran.

Dan hari ini Ya Allah kami berkumpul ditempat ini memanjatkan puji syukur kepadaMu sekaligus menutup kegiatan kami....

"Yaa Allah berkahilah segala aktifitas kami selama dalam mengikuti rangkain acara kami, dan jadikanlah sebagai amal ibadah di sisiMU.

Untuk itu Yaa Allah tetapkanlah rahmat dan kasih sayangMU kepada kami dan jadikanlah pertemuan ini, sebagai pertemuan yang engkau ridhoi...

Yaa Allah......

اَلّلهـمّ لاَسَـهْــلَ اِلاّ مَا جَعَـلَـهُ سَـهْـلاً

Yaa Allah, mudahkanlah segala urusan kami, karena tidak ada yang mudah kcuali engkau jadikan mudah Yaa Allah...

اَلّلهـمّ فْتَحَ عَلَيْنا اَبْوَابَ الْخـيْروَاَبْوابَ الْبَركَاة وَاَبْوابَ لنّعْمَه وَاَبْوابَ الرّزْقِ وَاَبْوابَ الْقُوة وَاَبْوابَ الصّحَةِ وَاَبْوابَ السّلامَة بِرَحْمَتِكَ ياَ اَرْحَمَ الرّحِمِـيْن

Yaa Allah.. Bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkahMu, pintu rahmatMU, pintu kekuatan, pintu reskiMU, pintu kesehatan, pintu keselamatan, karena Engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang...

اَلّلهـمّ اِنّاَ اَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الهَـمِ وَالْحُزْنِ و َاَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجَـزِوَالْكَسْلِ

Yaa Allah ...Kami berlindung kepadaMu dari keragu-raguan hati dan duka cita dan kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah dan malas...

رَبّنَا اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ اَقْـدَامَنَا

رَبّنَا آتِنَا فِى لدّنْيا حَسَنَة وَفِى الاَخِرَة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّار

سُبحَان رَبّكَ رَبّ العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْن

Yaa Allah.... Curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Yaa Allah...

Berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing-masing.

Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara... Amin Yaa Rabbal Alamin


Doa penutup acara latin yang lengkap / Pic source : waspada

Artikel pilihan : Doa Iftitah dan Artinya yang Mudah Dihafal Lengkap Bahasa Latin serta Arab

MasyaAllah, itulah ulasan singkat mengenai doa penutup acara seminar, rapat, sampai ceramah yang bisa dibaca ketika melakukan kegiatan bersama tersebut.

Jadi, sebelum orang-orang yang menghadiri tersebut beranjak pergi, ada baiknya untuk membaca doa penutup acara perpisahan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Karena kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti setelah melangkah keluar dari ruang berkumpul tersebut, dan dengan doa penutup acara resmi inilah kita memohon pengampunan dan ridha-Nya. Aamiin.

Semoga bermanfaat.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top