Doa Shalat Dhuha Lengkap Beserta Bacaan Latin serta Terjemahannya

Baca Juga 

Doa Shalat Dhuha Lengkap Beserta Bacaan Latin serta Terjemahannya
 


Doa shalat dhuha lengkap / Pic source : megapolitan kompas

Ketika telah menunaikan sebuah shalat, maka ada baiknya untuk kita sebagai umat Islam adalah melengkapinya dengan bacaan doa.

Ada banyak doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang sudah menunaikan ibadah shalat.

Bukan hanya ibadah shalat saja, namun dalam berbagai kejadian, yakni kapan pun dan dimana saja kita sebagai Muslim dianjurkan untuk memperbanyak berdoa kepada Allah SWT.

Also read : Tata Cara Shalat Dhuha yang Praktis dan Lengkap

Karena doa merupakan sumber kekuatan bagi umat Islam, dan sebagai ungkapan bahwa manusia hanya bisa menggantungkan diri kepada-Nya Yang Maha Esa.

Membahas perihal shalat dan doa, sudahkah kita mengerti dan paham betul dengan salah satu ibadah yang dianjurkan selain ibadah wajib?

Itulah shalat dan doa sholat dhuha.

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang doa sholat dhuha dan terjemahannya, sudahkah kita mengetahui keistimewaan shalat dhuha tersebut?

Shalat Dhuha dalam Islam

Ketika membicarakan shalat dan doa, yakni mulai dari yang wajib hingga sunnah. Seperti halnya sunnah sholat dan doa sholat dhuha dan tahajud.

Ketika membicarakan shalat sunnah, contohnya dhuha, maka sholat yang dikenal dengan shalat untuk memohon rizki dari Allah SWT ini biasanya dikerjakan minimal dua Raka'at.

Akan tetapi juga bisa dikerjakan maksimal 12 Raka'at yg masing–masing dua Raka'atnya diakhiri dengan satu salam.

Kita sebagai umat Islam haruslah tahu bagaimana tata cara sholat dhuha yang benar, sehingga ibadah mampu terasa lengkap dengan shalat sunnah salah satunya di waktu dhuha tersebut.

Waktu Sholat Dhuha sendiri bisa dikerjakan saat matahari sedang terbit atau tepatnya sekitar pukul 07.00 pagi sampai masuk waktu shalat Dzhuhur.

Banyak sekali dalil yang menganjurkan agar kita rajin mendirikan shalat dhuha, seperti ketika Allah SWT berfirman,

"Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya " (HR.Hakim dan Thabrani).


Doa shalat dhuha lengkap / Pic source : wajibbaca

Pun dengan Sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam seperti yang telah di riwayatkan dalam hadist oleh imam Bukhari Muslim berikut ini.

"Kekasihku (Nabi Muhammad) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dalam tiap bulan, melakukan dua rakaat sholat Dhuha dan melakukan sholat witir sebelum tidur." (HR. Bukhari Muslim)

MasyaAllah, shalat dhuha sendiri merupakan sebuah amalan yang tak boleh kita menyia-nyiakannya.

Maka dari itu, selain mempelajar tata cara shalat dhuha yang sama hanya seperti shalat pada umumnya, juga doa sholat dhuha dan niatnya harus kita pahami.

Menjadi sebuah pertanyaan, bagaimana doa sholat dhuha lengkap yang baik itu?

Doa Shalat Dhuha Lengkap

Banyaknya dari mereka dan kita semua mungkin yang beranggapan bahwa setelah shalat bisa berdoa apa saja.

Memang benar, namun apakah tidak lebih baik jika membaca doa yang telah dianjurkan?

Seperti misalnya doa sholat dhuha arab yang bisa kita amalkan berikut ini.

Jangan sampai terlupa, karena ketika berharap untuk mendapatkan rezeki lebih dan melaksanakan shalat sunnah tersebut.

Maka doa sholat dhuha dan artinya ini punya makna yang lebih dari itu semua. Simak selengkapnya dalam ulasan ini.

Inilah doa selepas shalat Dhuha dimana kita disunnahkan untuk membacanya. Meskipun tidak dibatasi kita harus berdoa seperti apa, namun bukan doa tentang keburukan.

Pun harus dimulai dengan menyebut nama Allah SWT dan memuji syukur kepada-Nya, serta bershalawat untuk Rasulullah SAW.

َللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu,

wa inkaana ba'idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita 'ibadakash shalihin.


Doa shalat dhuha lengkap / Pic source : doasholat

Also read : Bacaan Lengkap Doa Kamilin, Doa Setelah Shalat Tarawih Arab dan Latin

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu,

kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah.

Apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah,

Apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh".

Sungguhlah kandungan isi di dalam doa sholat dhuha arab dan latinnya tersebut mempunyai makna yang lebih dari diberikan rezeki.

Namun juga segala bentuk pengharapan atas rahmat dan ridha Allah untuk kebaikan hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Nah, bagaimana? Sudakah kita paham dengan doa sholat dhuha latin, arab, dan terjemahan tersebut?

Semoga bermanfaat dan menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih rajin lagi untuk melengkapi ibadah wajib dengan yang sunnah, salah satunya sholat dan doa sholat duha.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top