ITJ Jogja Berbagi Cerita di Silatnas 2017

Baca Juga 


ITJ Jogja Berbagi Cerita di Silatnas 2017
 

Islamedia Silaturrahim Nasional #IndonesiaTanpaJIL (Silatnas ITJ) kembali digelar pada hari Sabtu, 05/08, di Villa Dolken, Cisaruan, Bogor. Selain dihadiri oleh para pengurus dari Chapter Jabodetabek, Silatnas kali ini juga diramaikan oleh Chapter Cikarang, Sukabumi, Bandung, Malang, Jogja, dan Gorontalo.

Setelah dibuka secara resmi oleh Ketua Panitia, Irfan Dzulhij, acara dilanjutkan dengan sesi sharing bersama ITJ Jogja. "ITJ Jogja dipilih karena dianggap cukup aktif dan mampu mempertahankan eksistensinya, meski jauh dari pusat. Bahkan sebelum ini, sebenarnya ada wacana untuk menggelar Silatnas di Jogja," ungkap Irfan.

ITJ Jogja, yang diwakili oleh Koordinator Chapternya, Wijang Prasongko Wibowo, bercerita tentang gerakan yang dibangun bersama rekan-rekannya di Kota Gudeg itu.

"Alhamdulillaah, di Jogja kami cukup rutin menggelar kajian. Temanya bisa bermacam-macam, tergantung isu yang sedang panas saja. Peserta kajiannya juga lumayan banyak," ujar Wijang.

Segmen dakwah di Jogja, menurut Wijang, memang didominasi oleh kalangan mahasiswa dan pelajar. "Di Jogja memang banyak mahasiswa dan pelajar, jadi segmen dakwahnya memang begitu. Kami tidak banyak menyasar kalangan profesional seperti di Jakarta, misalnya," tuturnya lagi.

Kondisi demikian juga menciptakan kompleksitas tersendiri. Menurut Wijang, bukan hanya obyek dakwahnya, tapi aktivis dan pengurus ITJ Jogja sendiri juga kebanyakan mahasiswa, dan hampir semuanya perantauan.

"Oleh karena itu, kaderisasi menjadi masalah penting buat kami. Sebab, kalau para pengurus yang perantauan ini sudah lulus kuliah, dan kembali ke kampung halaman masing-masing, maka harus ada penggantinya yang akan mengurus dakwah ITJ di Jogja," pungkasnya.

Sesi sharing ini mendapat sambutan positif dari Gatot Prasetyo, salah seorang penggagas utama gerakan #IndonesiaTanpaJIL. "Dari sini kita bisa melihat bahwa dakwah di setiap daerah memang memiliki tantangan yang berbeda-beda. Kemudian kita bisa mendiskusikan cara untuk menangani masalah di daerah masing-masing," ujarnya. [islamedia/abe]

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top