Makassar Hebohkan Dengan Adanya Sapi-Sapi yang Begitu Banyak Sebagai Persiapan Untuk Hewan Kurban Jelang Idul Adha Nanti

Baca Juga 


Makassar Hebohkan Dengan Adanya Sapi-Sapi yang Begitu Banyak Sebagai Persiapan Untuk Hewan Kurban Jelang Idul Adha Nanti
 

Dihebohkan dengan adanya sapi-sapi yang begitu banyak sebagai hewan kurban jelang idul adha. Pemerintah sudah melakukan antisipasi demi keamanan hewan-hewan kurban tersebut.

Dikuti oleh Kompas.com, Jelang idul adha, Dinas peternakan makassar telah menyiapkan sapi kurban sekitar 10.000 ekor sapi.Sapi kurban itu didatangkan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Banyak sapi-sapi yang didatangkan dari seluruh sulawesi.Supaya sapi kurban tidak meminta kiriman dari luar sulawesi. Pemerintah menyiapkan hal ini dari sekarang, supaya kalau mencari pada bulan memasuki idul adha akan kesulitan nantinya kalau tidak dari sekarang.

Mredeka.com

Kepala Dinas Peternakan Makassar, Rahman Bando mengatakan, 10.000 ekor sapi kurban didatangkan dari Kabupaten Gowa, Maros, Soppeng, Wajo, Barru, Sidrap dan Pinrang.

"Untuk memenuhi pasokan sapi kurban, diprediksi pedagang ternak musiman juga datang di Makassar dari kabupaten/kota lainnya. Makanya itu, kita sudah mengantisipasinya agar tidak berjualan di pinggir jalan yang dapat mengakibatkan kemacetan dan bahkan kecelakaan," kata Rahman, Kamis (10/8/2017).

Baca Juga :Makassar Sudah Siapkan 10.000 Ekor Sapi Untuk Disembelih Pada Waktu Idul Adha Nanti

Rahman sudah menerjunkan spesialis dokter hewan untuk memeriksa sapi-sapi yang nantinya akan di sembelih pada waktu idul adha. Karena demi menjaga kesehatan sapi-sapi tersebut sampai waktu di sembelih nanti.

Allah subhanahu wa ta'ala mensyariatkan qurban. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

{ قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ (163) }

"Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)" (QS Al-An'am: 162-163)

Semua hewan kurban yang masuk ke makassar diberi tanda dan kartu agar dapat diketahui mana yang baik dan yang buruk.Karena menyembelih hewan kurban itu tidak asal-asalan menyembelih saja, tapi juga harus memenuhi syarat tertentu. Tidak hanya dari aspek kesehatan, tapi juga dari aspek syariat islam. 

Hewan kurban yang akan disembelih itu tidak boleh cacat, buta matanya,kakinya pincang, dan harus sudah berumur dua tahun untuk sapi, dan satu tahun untuk kambing dan domba. Dan yang terakhir, hanya hewan yang berjenis kelamin jantan saja yang boleh untuk disembelih pada waktu idul adha dan. 

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top