Sebelum Lahirnya Anak Ke Dunia, Perhatikan 9 Hal Ini Yang Harus Dipenuhi Orang Tua

Baca Juga 


Sebelum Lahirnya Anak Ke Dunia, Perhatikan 9 Hal Ini Yang Harus Dipenuhi Orang Tua
 



Beberapa hak anak yang harus diperhatikan sebelum mereka terlahir ke dunia yang orang tua harus perhatian berikut diantaranya:

Sebelum seorang anak dilahirkan ke dunia, ia pun memiliki beberapa hak yang harus dilakukan oleh orang tuanya. Dan hak anak tersebut merupakan suatu kewajiban bagi kedua orang tuanya. Untuk mengetahui apa saja hak-hak anak, berikut ini wajibbaca.com akan menyajikannya untuk anda, yang kami kutip dari islamidia.com.

Adapun beberapa hak anak yang harus diperhatikan sebelum mereka terlahir ke dunia diantaranya:

1. Hak Anak Untuk Memiliki Nasab atau Keturunan yang Baik
Sebelum menentukan pasangan dalam hidup, ada baiknya untuk memikirkan calon generasi Islam untuk kedepannya. Sehingga pilihlah olehmu pasangan yang baik agamanya dan keturunannya.

Didalam Islam, telah diajarkan bagaimana cara memilih atau menikahi seseorang, untuk wanita itu dinikahi karena 4 perkara: yang pertama ialah karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya.

Maka nikahilah wanita karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung. Begitu juga dengan laki-laki. Sebagai kepala rumah tangga, pilihlah laki-laki yang baik agamanya, yang bertanggung jawab dan penyayang dalam keluarganya kelak.

2. Memilih Ibu yang Sholehah Untuk Anaknya
Jangan pernah remehkan tentang hal ini, jika ingin memiliki anak yang sholeh dan sholehah, tentu tidak jauh-jauh dari peran kedua orang tuanya.

Ibu merupakan orang pertama yang paling dekat dengan anaknya, ibu itu laksana mesin pencetak karakter seorang anak, bagaimana anak itu, tergantung bagaimana seorang ibu mendidiknya.

Ibu adalah madrasah yang paling utama bagi tumbuh kembang anak, pencetak karakter dan akhlakul karimah. Pilihlah wanita yang bisa menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya kelak, terutama dalam pendidikan agamanya, agar dapat berguna tidak hanya di dunia saja, tapi juga sebagai penolong di akhirat kelak.

3. Sebelum Berjima' Hendaknya Berdoa Terlebih Dahulu
Sebelum melakukan hubungan suami istri, berwudhulah, kemudian berdoalah dan selalu mengingat Allah, meminta agar benih yang diberikan Allah akan menjadikan calon anak yang sholeh dan sholehah. Semua tatacara dan adab dalam berjimak telah dicontohkan dan diajarkan dalam Islam.

4. Persiapkan Daftar Nama-nama yang Baik dan Mengandung Doa
Berikan nama yang sesuai dengan harapan dan doa yang diinginkan, memberikan nama bukan hanya sekedar nama, namun mengandung arti dan doa yang baik untuk si anak.

Jika orang tua tidak mengetahui nama-nama yang baik, bisa mencari tahu di buku-buku Islam, internet, ataupun bertanya langsung dengan orang yang paham dan lebih mengerti.

Jika masih bingung dan belum pasti, buatlah daftar nama-nama pilihan yang terbaik. Setelah si anak lahir, segera berikan salah satu yang terbaik diantaranya.

5. Hak Anak Terlahir Dari Orang Tua yang Sah
Banyak sekali fenomena yang terjadi di zaman sekarang. Banyak anak yang tak berdosa dilahirkan dari rahim seorang ibu yang tidak memiliki perkawinan yang sah dengan ayah si bayi.

Memang mereka terlahir dengan tidak menanggung dosa, semua dosa ditanggung kedua orang tuanya. Namun, ketika si anak sudah dewasa dan mengerti, ia akan lebih tertekan dan bahkan sangat malu. Oleh karenanya, anak sangat berhak terlahir dari rahim ibu yang sah perkawinannya dengan ayahnya.

6. Hak Anak Untuk Dijaga Sejak Dalam Kandungan
Masih banyak orang tua yang tega menggugurkan janin dalam kandungan dengan berbagai faktor dan alasan. Padahal, anak sangat berhak dijaga kesehatannya sejak di dalam kandungan.

Dengan cara memperhatikan ibu yang mengandung, menjaga asupan makanan, vitamin, susu, konsultasi ke dokter, dan lain sebagainya.

7. Hak Untuk Selalu Didoakan
Janin yang masih dalam kandunganpun berhak untuk mendapatkan doa-doa yang baik. Doa dan dzikir yang selalu menghiasi bibir kedua orang tuanya insyaAllah akan di dengar oleh Allah SWT dan calon bayinya. Doakan dan bacakan ayat-ayat Allah serta perdengarkan kalimat-kalimat thoyyibah.

8. Ibunya Dimanjakan Saat Sedang Hamil
Jika ayahnya selalu bertengkar dengan ibunya, maka janinpun ikut merasakan ketidaknyamanan, oleh karenanya sayangi, perhatikan dan manjakan ibu saat mengandung si calon buah hati.

9. Diberikan atau Dinafkahi Dengan Rezeki yang Halalan Thoyyiban
Jangan sekali-kali memberikan makanan atau pakaian dari uang yang tidak halal, pastikan uang didapat dari jalan dan cara yang halal lagi baik.

BACA JUGA: Kadang Suami Tidak Pernah Merasa Bahkan Sengaja Cuek Padahal 5 Dosa Suami Ini Yang Paling Meresahkan Istri

Nah itulah kurang lebihnya hak-hak anak yang menjadi kewajiban bagi kedua orang tuanya.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top