Survei: Kekuatan Miiter Indonesia Ungguli Israel, Fakta: Tidak 'berani' Mau Kirim Tentara Bela Umat Islam Palestina.

Baca Juga 


Survei: Kekuatan Miiter Indonesia Ungguli Israel, Fakta: Tidak 'berani' Mau Kirim Tentara Bela Umat Islam Palestina.
 



KabarViral - Militer Indonesia kerap dianggap sebelah mata. Bahkan oleh sebagian publik di negara ini. Namun, menurut situs Global Fire Power, kekuatan militer Indonesia ternyata mengungguli Israel. Jadi, jika kemungkinan terjadi perang, secara hitungan, militer Indonesia lebih kuat dari Israel.

Situs ini menyediakan data pembanding, sehingga publik bisa membandingkan dengan mudah keunggulan antarnegara, terutama dalam kekuatan militer. Di lamannya, situs ini memberikan penjelasan, sejak 2006 mereka telah menyediakan tampilan analisis data yang unik mengenai lebih dari 130 kekuatan militer modern.

Peringkat ini didasarkan pada kemampuan pembuatan perang masing-masing negara di darat, laut dan udara. Hasilnya menggabungkan nilai-nilai yang berkaitan dengan sumber daya, keuangan, dan geografi dengan lebih dari 50 faktor yang berbeda yang akhirnya membentuk peringkat tahunan akhir.

Untuk tahun 2017, situs ini mengunggulkan kekuatan militer Indonesia lebih tinggi dibanding Israel. Meski tak semua komponen mengindikasikan Indonesia lebih unggul dari Israel, namun jika ditotal dari seluruh komponen, maka nilai Indonesia lebih tinggi dari Israel. Indonesia berada di peringkat 14, sedangkan Israel berada di peringkat 15.

Di antara data yang ditampilkan adalah usia personel militer yang bisa direkrut, Indonesia dengan jumlah penduduk yang memang jauh lebih banyak dari Israel memiliki potensi sebanyak 4,5 juta orang. Bandingkan dengan Israel yang hanya memiliki 122.000 orang. Saat ini Indonesia memiliki personel aktif sebanyak 453.750 orang, sementara Israel hanya memiliki 168.250 orang.

Untuk komponen cadangan, Indonesia memiliki 540.000. Israel lebih banyak, yaitu 550.000 orang. Total personel militer Indonesia adalah 975.750 orang, sementara Israel hanya 718.250 orang.

Tapi untuk anggaran pertahanan, meski jumlah personel lebih sedikit, namun Israel memiliki anggaran pertahanan yang jauh lebih besar dari Indonesia. Indonesia menganggarkan US$6,9 miliar. Sedangkan Israel menganggarkan US$15,5 miliar. Tapi untuk daya beli, Indonesia jauh menggungguli Israel dengan menganggarkan dana hingga US$3,028 miliar, sedangkan Israel menganggarkan hanya US$297 miliar.

Tapi, untuk kelengkapan alat perang di darat, Israel jauh lebih siap dibanding Indonesia. Hampir semua jenis kendaraan dan alat perang dimiliki Israel dengan jumlah yang jauh melampaui milik Indonesia. Misalnya, untuk aircraft, punya Israel mencapai 652 buah. Sedangkan Indonesia hanya 441 buah. Untuk pesawat jenis fighters atau interceptors, Indonesia hanya punya 39 buah. Milik Israel jauh lebih banyak, yaitu 243 buah.

Begitu pula untuk jenis attack aircraft, Indonesia hanya memiliki 58 buah. Sedangkan milik Israel lebih banyak yaitu 243 buah. Kepemilikan dengan selisih sedikit hanya di helikopter. Israel memiliki 143 helikopter, hanya selisih sangat sedikit dengan milik Indonesia yang berjumlah 147.

Jumlah attack helicopters, milik Indonesia hanya lima buah. Sedangkan Israel memiliki 48 buah. Dalam hal kepemilikan tank, jumlah Israel kembali melampaui Indonesia. Indonesia memiliki 418 buah tank, sedangkan Israel memiliki 2.620 buah.

Namun di bagian pertahanan laut, Indonesia mengungguli Israel. Misalnya, Indonesia memiliki tujuh kapal frigate, sementara Israel tak punya sama sekali. Sementara untuk kapal jenis corvettes, Indonesia memiliki 24 kapal dan Israel hanya memiliki tiga kapal. Begitu pula dengan kapal patroli. Indonesia memiliki 74 kapal, sementara Israel memiliki 32 kapal. Israel juga sama sekali tak memiliki kapal jenis mine warfare craft, sementara Indonesia punya 12 buah.

Untuk kapal berjenis merchant marine strenght, Indonesia memiliki 1.340, sedangkan Israel hanya memiliki delapan buah kapal. Dalam hal pelabuhan, Indonesia memiliki sembilan pelabuhan besar dan terminal, sementara Israel hanya punya empat.

Tapi jumlah kapal selam Israel sedikit lebih banyak, yaitu enam buah. Sementara Indonesia hanya punya empat buah. Kedua negara sama-sama tak memiliki kapal jenis destroyer. Total di bidang marinir, Indonesia memiliki 221 aset. Sedangkan Israel hanya memiliki 65 aset.

Dengan kekuatan sebesar itu, militer Indonesia sudah tak layak lagi dipandang sebelah mata. Kekuatan militer Indonesia di laut mengukuhkan negara ini sebagai negara bahari dengan pertahanan militer yang mumpuni.

-kabarviral/viva

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top