Viral Surat BPOM Soal Albothyl, BPOM: Sementara Jangan Digunakan Dulu!

Baca Juga 




  Yes  Muslim  -  Beredar surat yang merekomendasikan penghentian pemakaian policresulen cair konsentrat yang dijual bebas di masyarakat untuk mengatasi sariawan. Dalam surat tersebut dijelaskan hal ini dikarenakan risiko yang ditanggung tidak sebanding dengan manfaat yang ditawarkan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membenarkan perihal surat tersebut dan mengakui bahwa itu merupakan surat resmi yang dikeluarkan BPOM.

"Albothyl secepatnya akan diberikan klarifikasi dari Badan POM, sementara jangan digunakan dulu," ujar Penny K Lukito, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, saat ditemui detikHealth, Kamis (15/2/2018), di kawasan Jelambar Utama, Jakarta Barat.





Selain Penny, Deputi Bidang Penindakan BPOM Hendri Siswadi, SH, juga memberikan komentarnya tentang kabar ini. Senada dengan Kepala BPOM, Hendri mengimbau untuk tidak menggunakan obat tersebut untuk sementara sampai adanya penjelasan resmi dari BPOM.

Masih kata Hendri, saat ini tindakan yang baru dilakukan masih dalam tahap pengujian dan tindakan lainnya yang dilakukan oleh bagian pengawasan. Untuk saat ini, belum ada tindakan penarikan produk yang dilakukan.

"Nanti ada penjelasan resmi, secepatnya dikasih tahu. Sekarang masih di tataran kedeputian pengawasan. Nanti kan biasanya ke pengawas dulu baru kepenindakan, tapi masih bergerak (prosesnya)," ujar Hendri.








Waspada! Albothyl Terancam Ditarik Oleh BPOM Karena Hal Ini


 Baru-baru ini beredar surat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM terkait penarikan sebuah produk cairan antiseptik, Albothyl dari pasaran. Pihak produsen, PT. Pharos pun buka suara soal ini.

Dilansir dari detik.com, pihak BPOM membenarkan adanya surat edaran resmi tersebut. Dalam surat itu, dijelaskan bahwa risiko yang ditanggung tidak sebanding dengan manfaat yang ditawarkan. Sehingga, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan produk tersebut hingga klarifikasi dari pihak Albothyl.
“Albothyl secepatnya akan diberikan klarifikasi dari Badan POM, sementara jangan digunakan dulu,” ucap Kepala BPOM Penny K Lukito.
Sementara itu, produsen Albothyl, PT. Pharos mengatakan bahwa Albothyl tidak ditarik dari pasaran. Namun hanya ada beberapa kandungan dalam cairan tersebut yang tidak sesuai dengan penggunaannya.
“Masih jauh dari kondisi ditarik, artinya berita penarikan albothyl oleh BPOM itu adalah hoax. Informasi dari product management, bukan ditarik tapi tidak cocok untuk indikasi penyakit tertentu,” ujar Nasional Sales Manager PT Pharos, Imawan Derajatkusuma seperti yang dilansir dari viva.co.id, Kamis (15/2).
Lebih spesifik Imawan menjelaskan bahwa BPOM memberikan tanda bahaya terhadap penggunaan Albothyl untuk sariawan. Karena tidak sesuai dengan hasil yang harusnya didapatkan dari cairan konsentrat tersebut.
“Bukan kandungannya yang berbahaya, tapi konsentrat 36 persen bahan policresulen di dalam albothyl tidak untuk sariawan. Sebenarnya, pemakaiannya untuk sariawan diperbolehkan dan tidak berbahaya, namun dipakainya dengan cara diencerkan terlebih dahulu,” paparnya.
Penggunaan zat policresulen sendiri sebenarnya untuk daerah kewanitaan. Namun, selain bermanfaat untuk pengobatan pada area intim wanita, zat tersebut bisa juga digunakan untuk memperbaiki kerusakan sel di area lain.
Awalnya memang untuk vagina, tapi policresulen sebenarnya bisa digunakan untuk apapun pada kulit yang alami kerusakan sel dan menyebabkan radang, kecuali penyakit kanker. Karena kandungannya tidak bereaksi pada sel sehat dan hanya fokus pada sel yang rusak untuk menjadi mati dan sembuh,” lanjutnya lagi.
Imawan pun juga mengklarifikasi bahwa pihaknya akan segera melakukan konfirmasi terkait penggunaan Albothyl untuk sariawan. Karena yang menjadi garis besar adalah penggunaan cairan tersebut untuk sariawan.
Nantinya, pihak PT. Pharos sendiri akan melakukan press release terkait kasus ketidakjelasan penggunaan cairan konsetrat tersebut.

Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top