Apa itu Mossad? Fakta, Sejarah & Informasi Lainnya (Begini rasanya menjadi agen Mossad)

Baca Juga 

  Yes  Muslim  - Mossad atau HaMossad leModi’in v’leTafkidim Meyuhadim adalah salah satu dari lima lembaga intelijen utama Israel.

Kantor pusat Mossad terletak di Tel Aviv dengan jumlah anggota yang tidak diungkap ke publik.

Perkiraan menyebutkan lembaga ini mempekerjakan sekitar 1.200 orang yang bertanggung jawab pada operasi intelijen, operasi rahasia, dan kontra terorisme bagi Israel.

Banyak yang menganggap Mossad menjadi bagian paling penting dari semua lembaga intelijen yang dimiliki Israel.

Sebelum negara Israel didirikan pada tahun 1948, Mossad Le’aliyah Bet adalah kelompok yang bertanggung jawab untuk membawa orang-orang Yahudi ke Palestina.

Mereka berusaha “menyelundupkan” orang Yahudi masuk ke Palestina secara rahasia untuk menghindari kuota yang ditetapkan oleh Mandat Inggris.



Ketika negara Yahudi terbentuk, Reuven Shiloah, direktur pertama Mossad, merekomendasikan bahwa organisasi keamanan terpusat perlu dibentuk untuk mengorganisasi semua upaya intelijen negara.

Mossad lantas didirikan pada Desember 1949. Pada tahun 1951, lembaga ini menjadi bagian dari kantor perdana menteri Israel.

Mossad telah melakukan sejumlah operasi besar dalam upaya melindungi kepentingan Israel serta meringkus mantan anggota Nazi dan militan Arab yang dipandang merugikan serta mengancam warga negara Israel.

Contoh operasi Mossad paling terkenal adalah penangkapan penjahat perang Nazi, Adolf Eichmann, dari Buenos Aires, Argentina pada tahun 1960.

Menghindari keruwetan ekstradisi, Mossad menculik Eichmann dari bus di Argentina, mengadilinya di pengadilan Israel, dan kemudian dihukum mati.

Operasi terkenal Mossad lainnya adalah “Wrath of God”, yang dilakukan untuk membalas para pelaku pembantaian sebelas atlet Israel selama Olimpiade Munich tahun 1972 oleh kelompok militan Palestina.

Operasi ini ditujukan mencari para penculik yang masih hidup dan orang-orang dari Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang diyakini terlibat dalam pembantaian karena memberikan dukungan dan pembiayaan.

Sampai sekarang, (2013) Mossad telah dipimpin oleh 10 direktur dengan Meir Dagan merupakan direktur saat ini yang menjabat sejak tahun 2002.[]

https://www.amazine.co/25136/apa-itu-mossad-fakta-sejarah-informasi-lainnya/


Begini rasanya menjadi agen Mossad



Markas Besar Mossad di atas bukit di Ibu Kota Tel Aviv, Israel. (timeidol.com)


Situs Globes bulan lalu berhasil mewawancarai lima agen senior perempuan di Mossad (dinas rahasia luar negeri Israel). Ini pertama kalinya lembaga intelijen tersohor itu memberikan kesempatan kepada media buat mewawancarai katsa mereka, termasuk Efrat (bukan nama sebenarnya).

Ibu beranak tiga ini adalah wakil kepala sebuah divisi. Dia memimpin agen lelaki lulusan daru unit-unit elite angkatan darat dan bahkan pilot tempur. Suaminya juga agen Mossad dan keduanya bertemu dalam sebuah operasi. 

Berikut penuturannya. 

Bagaimana rasanya menjalankan misi di negara musuh?

Jika saya beroperasi di negara musuh dan saya ditangkap, habislah saya. Risiko menjalankan misi di negara bersahabat juga tidak berbeda, Anda bisa dipenjara seumur hidup. Kesiapan mengorbankan diri buat keamanan negara ini adalah sesuatu yang kami sadari semua. 

Apakah ada perbedaan gaji antara katsa lelaki dan perempuan?

Saya bahkan bersedia bekerja tanpa dibayar. Tiap orang bergabung dengan Mossad mendapat pemotongan gaji dilihat dari hasil kerja sebelumnya. 

Bagaimana pengalaman di Mossad mengubah Anda?

Ini satu-satunya lingkungan kerja di Israel yang membuat perempuan bisa merasakan pertempuran, menyadari kemampuan mereka buat membela negara ini sama dengan lelaki, seperti pilot tempur perempuan. Di tempat kerja lain tidak ada yang seperti ini. 

Apa yang membuat Anda bangga menjadi agen Mossad?

Mossad telah mengajarkan kami tidak ada yang mustahil. Mereka mendidik kami untuk bersemangat buat menerobos keterbatasan, menjadi lebih baik, dan melakukan apa yang disebut ketidakmungkinan harian. Anda harus menganggap itu sesuatu yang menyenangkan dan melakukan atas dasar kerelaan. Jika Anda tidak menikmati itu, Anda tidak bisa melakukan. 

Ketika menghadapi situasi berbahaya, bagaimana Anda mengatasi rasa takut?

Mossad mengajarkan Anda tidak mustahil buat mengatasi rasa takut. Dalam sebuah operasi, Anda tidak memusatkan perhatian pada rasa takut, namun sibuk untuk mencari cara untuk berhasil. Sebaliknya, rasa takut bisa menjadi hambatan. 

Bagaimana Anda menyikapi sebuah kegagalan?

Kami pernah gagal dalam beberapa misi. Anda seolah berhenti bernapas, tapi akhirnya Anda menyadari itu bagian dari permainan. Sebagai komandan, saya merasa terpukul jika anak buah saya gagal melaksanakan tugas. Tapi kegagalan itu mengajarkan kami siapa tidak pernah jatuh, tidak akan pernah bangkit. Anda tidak harus takut atas kegagalan. Kegagalan merupakan pengalaman terbaik. 

Apa kesalahan terbesar pernah Anda lakukan selama menjadi agen Mossad?

Krisis terjadi ketika Anda membuat keputusan salah buat yang lain. Dalam sebuah situasi berbahaya, anak buah saya berusaha menyingkir, tapi saya memutuskan mereka tetap bertahan. Ini menjadi dilema yang berat menghantui saya sampai hari ini. Sampai hari ini, saya masih memikirkan soal itu. 

Apakah katsa perempuan boleh menggunakan seks sebagai senjata?

Kami menggunakan feminitas kami karena semua cara dibolehkan. Namun jika kami sampai berpikir cata terbaik untuk mencapai sasaran adalah seranjang dengan kepala biro Ahmadinejad , tidak ada seorang pun di Mossad membiarkan kami melakukan hal itu. Agen perempuan tidak dipakai buat tujuan seksual. [fas]



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top