Lunasi Janji! Tepat Malam 1 Ramadhan, Anies Baswedan Lepas Saham Pabrik Bir PT Delta Milik Pemprov DKI

Baca Juga 

  Yes  Muslim  - JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk melepas 26,25% saham perusahaan pembuat bir, di PT Delta Djakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi pelepasan saham itu dilakukan malam ini, tepat pada malam pertama bulan suci Ramadan.





"Pemprov DKI Jakarta memastikan akan melepas 26,25 persen saham di perusahaan PT Delta Djakarta, perusahaan pembuat bir, jadi 26,25 itu kita pasti dilepas. Jadi ini bukan akan, tapi pasti dilepas," kata Anies pada jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/5), seperti dilansir CNNIndonesia.

Saat ini, dividen yang didapat dari PT Delta Djakarta yang rata-rata Rp38 miliar setiap tahunnya. Namun jika saham dijual, maka akan ada dana segar didapat sebesar Rp1 triliun.

Sementara jika ingin mendapatkan deviden Rp1 triliun, Pemprov DKI harus menunggu lebih dari 30 tahun lagi.

"Kalau kita mau mendapatkan Rp1 triliun dengan mempertahankan saham di Delta, mungkin kita perlu 30 tahun lebih, baru bisa dapat angka satu triliun," ucapnya.

Anies menjelaskan proses pelepasan saham Pemprov DKI Jakarta di perusahaan produsen Anker Bir ini tinggal menunggu proses di konsultan dan persetujuan DPRD.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini begitu yakin DPRD bakal meloloskan gagasan melepas BUMD yang menyumbang dividen Rp40 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta tersebut.

"Insyaallah, insyaallah disetujui. Terima kasih, selamat puasa," ucap Anies singkat seraya meninggalkan para wartawan yang meliput pernyataannya tersebut.

Tepati Janji Kampanye

Dalam masa kampanye di Pilkada DKI 2017, Anies-Sandi memang menjanjikan akan melepas saham di perusahaan produsen minuman beralkohol tersebut. Dalam janjinya, Anies menyebut akan menjual saham pemprov di perusahaan bir itu jika terpilih dan uang hasil penjualan akan digunakan membangun fasilitas publik.

Janji dan Realiasi Anies ini terbilang cukup berani karena Pemprov DKI sudah 41 tahun sejak tahun 1967 menjadi pemegang saham terbesar di PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) yang memproduksi Anker Bir, Carlsberg, San Miguel, dan Stout.







Anies Pastikan Lepas Saham Pemprov di Perusahaan Bir, Politikus PDI P Kecewa Berat


 Keberanian Anies Baswedan melepas saham Provinsi (Pemprov) DKI yang di perusahaan produsen minuman beralkohol PT Delta Djakarta membuat kader PDI P yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi speechless.

Meburutnya, perusahaan tersebut memberikan keuntungan cukup besar.

"Saya menyayangkan keputusan itu mengingat perusahaan tersebut telah memberikan dividen cukup besar setiap tahunnya dan berkontribusi terhadap PAD (pendapatan asli daerah). Sayang sekali kalau sampai dilepas sahamnya," kata Prasetio Edi Marsudi, Rabu 16 Mei 2018.

Ia menegaskan akan membahas usulan pelepasan saham dari pemprov tersebut di rapat komisi DPRD DKI.

"Nanti akan diputuskan dalam rapat paripurna. Jadi kalau ada keputusan dari paripurna itu, ada alasan dan aturan yang kuat untuk melepas saham tersebut," ujar politikus PDI P ini.

Sebelumnya, diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan pelepasan saham di PT Delta Djakarta selaku produsen minuman keras. Anies mengaku telah menandatangani keputusan pelepasan saham sebesar 26,25 persen yang dimiliki pemprov sejak tahun 1970.

"Pemprov memastikan akan melepas 26,25 persen saham di perusahaan PT Delta Djakarta, perusahaan pembuat bir. Jadi, 26,25 pasti dilepas, bukan akan. Ini komitmen kita," katanya di Balai Kota, Rabu 16 Mei 2018.

Kendati demikian, pelepasan saham pemprov tetap membutuhkan persetujuan dari DPRD DKI. Anies mengaku akan segera melayangkan surat ke dewan untuk lekas dibahas terkait pelepasan saham ini. Ia optimistis dewan akan menyetujuinya.

"Ini prosesnya perlu persetujuan DPRD. Kita akan kirim surat ke sana, insya Allah (DPRD) setuju," ujarnya.

--------

Alangkah baiknya jika pendapatan diperoleh dari sesuatu yang halal, bukan dari sesuatu yang haram, yang dilarang oleh agama.

Semoga langkah Anies untuk melepas PAD dari pabrik khamr ini tidak dijegal oleh DPRD DKI Jakarta.



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top