Keliru Mengira Sudah Maghrib lalu Berbuka, Apakah Puasanya Batal?

Baca Juga 

  Yes  Muslim  - Bagaimana jika keliru mengira sudah Maghrib padahal belum, karena mengira sudah masuk waktu Maghrib, ternyata jam lebih cepat 15 menit. Apakah puasanya batal?





JAWAB: Puasanya batal. Fatwa batalnya puasa orang yang keliru mengira sudah maghrib lalu makan dan minum, padahal belum masuk waktu berbuka telah menjadi kesepatakan hampir semua ulama. Bahkan 3 mazhab ulama yang besar dan muktamad kompak menyatakan puasanya batal.
Menurut Imam Al-Kasani seorang imam mazhab Al-Hanafiyah: “Ketika seorang makan sahur, dia menyangka bahwa fajar belum terbit, ternyata fajar sudah terbit atau dia menyangka bahwa sudah masuk waktu maghrib, ternyata belum maka dia wajib qadha, tanpa kaffarat.”
Menurut Imam An-Nawawi seorang imam mazhab as-Syafi’iyah: “Jika seorang itu makan dengan menyangka tenggelamnya matahari, ternyata belum atau menyangka bahwa fajar belum terbit, ternyata sudah terbit maka puasanya batal.”
Menurut Imam Ibnu Abdil Barr seorang imam mazhab al-Malikiyah: “Jika seorang menyangka bahwa matahari telah tenggelam sebab ada mendung atau lainnya, ternyata belum maka dia wajib qadha’.” []
Sumber: rumah fiqih



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top