PBB Tetapkan 3 Juni Hari Sepeda Sedunia, Ini Manfaat Gowes Bagi Tubuh

Baca Juga 

  Yes  Muslim  - Untuk pertama kalinya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 3 Juni sebagai World Bicycle Day atau Hari Sepeda Sedunia. Peringatan yang disepakati dalam pertemuan rutin Majelis Umum PBB pada 12 April 2018 tersebut diadopsi oleh 193 negara anggota.



"Sepeda adalah sarana transportasi berkelanjutan yang simpel, terjangkau, bisa diandalkan, bersih, dan ramah lingkungan," tulis PBB, dikutip dari situs resminya un.org, Minggu (3/6/2018).

Selain ramah lingkungan, sepeda juga menjadi sarana paling murah untuk meningkatkan aktivitas fisik demi mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Juga fungsional, karena saat ini banyak karyawan sibuk yang bersepeda untuk pergi ke tempat kerja. Artinya, tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk olahraga.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat sehat yang bisa didapat dari bersepeda.

1. Meningkatkan mood dan mengurangi stres
Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa bersepeda ke tempat kerja adalah cara yang efektif untuk mendapatkan mood terbaik. Karyawan yang bersepeda teramati punya level stres yang lebih rendah dibanding mereka yang mengendarai mobil.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung
Penelitian terbaru di Inggris menyebut bahwa olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging dan bersepeda bisa memangkas risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Mereka yang rutin bersepeda menuju tempat kerja memiliki risiko penyakit kardiovaskular 11 persen lebih rendah. Bahkan yang hanya sesekali bersepeda, risiko kematian dini berkurang hingga 8 persen.

3. Menangkal diabetes
Sebagaimana penyakit kardiovaskular, diabetes juga bisa dicegah dengan gaya hidup aktif dan bugar. Penelitian di University of Southern Denmark menyebut risiko terkena diabetes lebih rendah pada orang-orang yang rutin bersepeda. Makin rajin bersepeda, makin rendah risiko terkena penyakit tersebut.

4. Memangkas berat badan
Bersepeda termasuk salah satu olahraga yang efektif memangkas berat badan. Sebuah penelitian di Inggris yang melibatkan 150.000 partisipan mengkonfirmasi bahwa pengendara sepeda punya indeks massa tubuh yang lebih ideal dibanding mereka yang bepergian dengan kendaraan bermotor.



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top