Zinedine Zidane, anak imigran yang sukses jadi pelatih sepakbola terbaik dunia

Baca Juga 


Zidane, anak imigran yang sukses jadi pelatih sepakbola terbaik dunia







Di usia 14 tahun ia bergabung dengan AS Cannes.



  Yes  Muslim  - Zinedine Zidane telah pensiun dari jabatan pelatih Real Madrid. Usai membawa timnya mempertahankan trofi Liga Champion. Ayah ibunya, Smail dan Malika, migrasi ke Paris sebelum meletusnya perang menuntut kemerdekaan Aljazair.

Sejak belia, anak imigran ini sudah menunjukkan bakat penguasaan bola dan dribble. Di usia 14 tahun Zidane bergabung dengan AS Cannes. Di klub inilah skill-nya diasah hingga berhasil merumput di klub raksasa Italia, Juventus.
Pada 2001 Zidane ditransfer dengan biaya transfer termahal dunia, EUR 77 juta. Usai Piala Eropa 2004 Zidane mengumumkan gantung sepatu. Namun pada 2005 dia kembali ke lapangan hijau untuk membantu meloloskan Prancis ke Piala Dunia 2006. Zidane berhasil membawa Prancis ke partai final berhadapan dengan Italia. Sayang dia dikartu merah akibat menanduk dada bek Italia Marco Materazzi.
Namun dia dinobatkan Pemain Terbaik Piala Dunia 2006. Usai pensiun Zidane berkiprah sebagai pelatih. Dia ditunjuk sebagai manajer Real Madrid menggantikan Rafael Benitez pada 2016. Pada awal melatih Zidane telah menunjukkan kesuksesan. Dia berhasil membawa Real Madrid meraih gelar La Liga, Liga Champions Eropa, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antar Klub. Tak salah jika dia diganjar penghargaan Pelatih Pria Terbaik FIFA 2017.



Zidane dan Kebanggaan Muslim di Real Madrid

Oleh: Dr H Martin Roestamy SH, MH


Terpilihnya Zinedine Zidane sebagai manajer sekaligus pelatih Real Madrid telah menyelipkan rasa bahagia teramat dalam. Setidaknya, itulah yang saya rasakan. Buat saya, terpilihnya Zidane menjadi pelatih Los Blancos bukanlah kejutan teramat besar, setidaknya juga buat para fans berat Real Madrid.

Zidane bukanlah sosok asing buat Real Madrid. Ia sudah lama berkecimpung dan konsisten membangun Real Madrid. Sebelum mendapat mandat menggantikan Rafael Benitez, Zidane telah merintis karier kepelatihannya di tim junior Real Madrid.

Sebagai penggemar Real Madrid sekaligus juga fans berat Zizou, tentunya kita akan senang dengan kebijakan baru manajemen klub ini. El Real akhirnya memilih pelatih yang berasal dari internal El Real.

Selanjutnya juga, sebagai umat Islam, tentunya kita bersyukur bahwa ini tradisi baru di Real Madrid. Mengingat sejarah kejayaan Islam selama abad ke-8 sampai abad ke-15 di Spanyol, Islam sebenarnya sudah memiliki hubungan sejarah panjang di Negeri Matador ini.

Memang benar Zizou adalah legenda hidup sepak bola Prancis. Tapi, buat Real Madrid, dia sesungguhnya layak disebut sebagai khalifah di klub itu. Ia adalah sosok yang juga pernah memengaruhi kebijakan merekrut Nuri Sahin, Karim Benzema, Mesut Ozil, dan Sami Khedira.

Mereka semua telah memberikan warna Islam yang luar biasa buat Real Madrid. Tak heran jika kehadiran sosok-sosok pemain Muslim dan pamor Zidane pada akhirnya menjadi jalan untuk mengundang sponsor raksasa Emirates Air Line sebagai sponsor.

Ketika itu, saking ngefannya, saya dan keluarga pernah ikut menonton semifinal Liga Champions di Santiago Barnabeu. Tak ketinggalan juga, saya membeli buku Zizou. Good luck Zizou, doa kami untuk Anda semoga dapat mengembalikan kejayaan El Real. Bravo!

Pada 2007, ketika saya melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, secara kebetulan saya bertemu Zidane. Pertemuan itu terjadi pada saat melaksanakan ibadah sa'i menjelang bukit Safa. Tak terbayangkan seperti apa perasaan saya ketika itu. Pastinya, saya senang bukan main bisa bertatap wajah secara langsung dengan sang idola.

Lantas, mengapa saya begitu cinta Real Madrid? Sudah pasti, nomor satu mereka selalu menghargai pemain Muslim. Seperti semasa Mesut Ozil yang pernah dibenarkan melaksanakan ibadah shalat dan berpuasa. Di samping itu, saya sebenarnya juga menjadi fans berat Bayern Muenchen dan Manchester City. Kedua klub itu, menurut saya, memiliki unsur keislamannya.

Dan alhamdulillah, saya sudah dua kali menonton para bintang El Real bermain di Santiago Barnabeu sambil sekalian membeli jersey. Harapan saya, dan mungkin harapan ribuan para penggemar Real Madrid, kehadiran sosok Zidane ini kelak bisa mengembalikan lagi kejayaan El Real, baik di level domestik seperti kompetisi La Liga Spanyol maupun di level Eropa semacam Liga Champions ataupun ke pentas Piala Dunia Antarklub.


Tentunya, hadirnya sosok Zidane ini akan bisa menyajikan Real Madrid sebagai patron sportainment kepada dunia serta menunjukkan sportivitas Zizou yang sudah kita kenal selama ini. Harapan terakhir saya, semoga juga akan semakin banyak pesepak bola Muslim yang bisa merasakan rumput emas di Santiago Bernabeu. Amin.





Zine’dine Zidane Muslim Pertama Yang Melatih Real Madrid



Bagi pecinta bola siapa sih yang belum mengenal  sosok bernama Zine’dine Zidane? Pastinya sebagian besar dari anda telah mengenalnya pria bernama asli Zinedine Yazid Zidane ini lahir di Marseille, Prancis pada 23 Juni 1972. Ia adalah muslim keturunan Aljazair yang bermigrasi ke Prancis, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini yang mempuanyai panggilan kesayangan “Zizou” memulai karir di dunia sepak bola pada umur 14 tahun di klub As Cannas kemudian berpindah ke klub Girodins Bordeux sebelum kemudian berpindak ke Juventus salah satu klub besar di Italia.
Zidane berdoa sebelum bertanding

Dan di klub juventus inilah awal pertama saya mengenal pemain yang bernama Zinedine Zidane karena saya dan kakak saya dulunya pengemar berat Juventus. 

Namun sayang pada tahun 2001, Zizou pindah ke klub kaya raya dari Spanyol yaitu Real Madrid dengan kontrak selama empat tahun dengan harga 66 juta euro. Selain terkenal sebagai pemain hebat yang membawa Prancis juara Piala Dunia tahun 1998 dan juara Piala Eropa Tahun 2000 ia juga seorang Muslim yang taat, ketika ia sedang dalam puncak karirnya, namun kemudian menderita cidera otot dan mendapat perawatan dari tim medis yang mengharuskan istirahat untuk pemulihan, bukannya berbaring dan mengikuti terapi kesehatan tetapi malah mengunakan kesempatan tersebut untuk pergi haji ke tanah suci pada 29 Januari 2004. Selain itu Zizou juga memiliki beberapa yayasan untuk anak-anak muslim di Prancis dan Aljazair.

Masih Ingat dengan kejadian ini??


Ya kejadian ini terjadi ketika final Piala Dunia 2006 dimana Zinedine Zidane menanduk dada pemain Italia Marco Materazzi, sampai saat ini belum ada yang tahu penyebab yang pasti dari kejadian tersebut karena Zizou tidak mau menyampaikan provokasi apa yang dikatakan Materazzi. Namun yang kami dapatkan dari beberapa sumber ahli membaca gerak bibir Materazzi memprovokasi dengan mengatakan adik perempuan Zidane adalah anak pelacur dan Zidane merupakan keturunan teroris. (republika.co.id)

Zinedine Zidane Pelatih Real Madrid

Awalnya ia di dunia sepak bola sebagai pemain bagi Real Madrid yang ditranfer pada tahun 2001 sampai dengan tahun 2006, Zizou telah mencetak 46 gol dari 202 kali bermain sebelum kemudian gantung sepatu pada 2006. Kemudian pihak presiden Real Madrid Florentino Perez menunjuknya sebagai asisten pelatih pada tahun 2012 sampai 2014. Dan akhirnya tepat pada hari selasa 5 Januari 2015 presiden club resmi mengangkat Zinedine Zidane sebagai pelatih Muslim pertama Real Madrid mengantikan pelatih sebelumya Rafael Benitez. Dan berikut beberapa kutipan yang disampaikan setelah menjadi pelatih.

“Pertama saya ucapkan terima kasih kepada klub dan presiden yang telah memberi kesempatan untuk melatih klub,” ujar Zidane, sebagaimana dikutip Dream dari Emirates24/7

“Saya lebih emosional ketika menandatangani kontrak sebagai pemain, tapi hal itu normal saja dan mulai besok saya akan bekerja sepenuh hati untuk Real Madrid,” kata Zidane. Rappler.com

Dan Alhamdullilah pada pertandingan pertamanya menangani Real Madrid dapat mengalahkan Deportivo dengan Skor 5-0.

Semoga semakin banyak muncul talenta-talenta muslim di dunia, setelah sebelumnya banyak pemain yang beragama muslim yang berjaya di eropa, semoga menjadi hal positif bagi kita. Amin.

Semoga Bermanfaat...

Sunber : Dihimpun dari berbagai sumber.



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top