Doa agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Diberi Kelancaran dan Kesehatan

Baca Juga 


Doa agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Diberi Kelancaran dan Kesehatan
 

Doa agar diberi kemudahan urusan dan lancar rezeki / Pic source : portal-komando.

Sebagai manusia yang hidup di muka bumi, pastilah akan ada masalah yang dihadapi. Bukan hanya masalah dari luar tapi juga dari dalam diri sendir.

Pun sudah jelas bahwa urusan dan masalah yang nanti kita hadapi dalam kehidupan ini tidak semuanya mudah.

Also read : Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki

Terkadang kita akan berjumpa dengan adanya masalah yang pelik dan sulit untuk diselesaikan, dan untuk menghadapi hal ini sebagai seorang muslim sejati haruslah tetap tawakal dan berserah diri kepada-Nya.

Jika usaha telah dilakukan, maka berdoa menjadi salah satu jalan untuk memohon petunjuk dan pertolongan dari Sang Illahi.

Bukan hanya mengenai masalah saja, namun terkadang rezeki juga membuat bingung manusia karena tak ada yang tahu kapan dan dimana rezeki itu muncul.

Memang, manusia punya kehendak, namun kehendak tersebut bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan, jika Allah menghendakinya.

Maka dari itu, kita sangat dianjurkan untuk selalu berdoa dalam hal-hal apapun yang kita kerjakan, baik dalam keadaan sulit maupun dalam keadaan lapang.

Doa agar Diberi Kemudahan Urusan

Jika merasa urusan yang dihadapi terasa begitu berat, sehingga tak mampu menyelesaikannya, maka jalan satu-satunya ialah meminta pertolongan kepada Allah semata.

Dia adalah Dzat Yang Maha Mendengar dan Yang Maha Kuasa, sehingga sangat mudah bagi-Nya untuk bisa menolong dan membantu Anda dalam menyelesaikan urusan setiap makhluk.

Adapun ketika memohon doa agar dimudahkan segala urusan, bisa dengan membaca lafal berikut baik setelah sholat fardlu maupun ketika hendak menyelesaikan urusan tersebut.

Bagaimana doanya? Berikut doa mohon kemudahan agar masalah cepat teratasi.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLOOHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA'ALTAHU SAHLAA, WA ANTA TAJ'ALUL HAZNA IDZAA SYI'TA SAHLAA.

Artinya:

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah

Itulah doa agar diberi kemudahan, sehingga saat membaca doa tersebut semoga kita termasuk ke dalam golongan yang selalu mengamalkan doa ini, baik dalam keadaan sulit maupun saat kita lapang.

Sehingga Allah SWT akan melapangkan semua urusan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Doa Kelancaran Rezeki

Doa agar diberi kemudahan urusan dan lancar rezeki / Pic source : tamiangnews

Selain doa untuk diberikan kemudahan dalam segala urusan, juga doa demi kelancaran rezeki pastilah diminati oleh setiap orang.

Karena memang rezeki selalu dicari dan diharapkan untuk kelangsungan hidup. Bukan hanya rezeki materi saja, namun rezeki kasih sayang orang tua, teman yang shaleh dan shalehah, serta rezeki kesehatan.

Untuk itu, inilah doa kelancaran rezeki yang harus diamalkan agar rezeki semakin melimpah dan barokah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdo'a,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْقِلَّةِ وَالذِّلَّةِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kemiskinan, kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku mendzalimi atau didzalimi." (HR. Ahmad 8053, Abu Daud 1546 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Doa agar tak terlilit hutang dan juga berlindung dari kedzaliman manusia.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia." (HR. Abu Dawud 1557)

Hal yang paling penting adalah doa memohon rizki yang halal seperti doa setelah sholat shubuh ini.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam membaca doa berikut, setelah salam shalat Shubuh,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (HR. Ibnu Majah 925 dan dishahihkan al-Hafizh Abu Thahir)

Doa Diberi Kesehatan

Siapa yang tak ingin sehat dan mempunyai umur panjang yang barokah?

Selain dengan melakukan pola hidup sehat, kesehatan juga harus diusahakan dengan terus memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Seperti doa kesehatan badan berikut ini.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

"Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa 'aafinii, warzuqnii." Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku."

Dari Thoriq bin Asy-yam –radhiyallahu 'anhu-, ia berkata,

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )).

"Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau shalat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do'a berikut: "Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa 'aafinii, warzuqnii." (HR. Muslim no. 35 dan 2697)

Doa agar diberi kemudahan urusan dan lancar rezeki / Pic source : indowarta

Also read : Doa Sholat Tahajjud Terlengkap dengan Tata Cara, Niat dan Artinya

Dalam riwayat lain, dari Thoriq, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam –dan ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki-, lalu laki-laki tersebut berkata,

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )).

"Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?" Beliau bersabda, "Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa 'aafinii, warzuqnii", karena doa ini telah mencakup dunia dan akhiratmu. (HR. Muslim no. 36 dan 2697)

Yakinlah bahwa Allah SWT itu Maha Kaya dan Maha Pengasih, sehingga seberat apapun urusan kita, dan sesulit apapun hidup kita pasti akan ada jalan keluarnya.

Karena jika Allah telah berkendak tak akan ada yang tak pasti di dunia ini. Katakanlah kepada masalah besar bahwa kita mempunyai Allah yang Maha Besar dan Maha Dahsyat Kuasa-Nya, sehingga pasti menghancurkan semua masalah tersebut.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top