Gerindra Pertanyakan Janji Pemerintah Jokowi Tidak Obral Perppu

Baca Juga 


Gerindra Pertanyakan Janji Pemerintah Jokowi Tidak Obral Perppu
 



Janji Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang tidak ingin mengobral peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) disoal. Pasalnya, Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) merupakan satu dari sejumlah Perppu yang sudah diterbitkan Pemerintahan Jokowi.

Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengaku keberatan dengan langkah pemerintah yang menerbitkan Perppu terkait pembubaran ormas itu. Sebab, kata dia, kebebasan berserikat, berpendapat dan berkumpul sudah diatur dalam UUD 1945.

Menurut Riza Patria, pembentukan maupun pembubaran suatu ormas sudah diatur melalui Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013.

"Kenapa pemerintah harus mengeluarkan Perppu. Apalagi selama ini pemerintah Pak Jokowi menyampaikan tidak akan mengobral Perppu. ‎Tapi, malah sekarang mengeluarkan Perppu untuk Undang-undang yang tidak perlu di Perppu," kata Riza di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/7/2017).



Menurut dia, Perppu terkait pembubaran Ormas itu tidak memenuhi unsur kegentingan memaksa. "Kalau memang dianggap ormas bertentangan dengan Pancasila, ya dimasukkan ke pengadilan. Kan sudah ada mekanismenya. Tidak usah diatur Perppu. Jangan dibubarkan melalui Perppu dong ormas," ungkap politikus Partai Gerindra ini.



Diketahui, sejumlah Perppu telah diterbitkan oleh Pemerintahan Jokowi. Yakni, Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak (Perppu Kebiri), Perppu Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan, kemudian Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.‎  (sn)

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top