Kata Mentan: Total Kerugian 10.000 X 1 Juta = 10T , Netizen : Banting Aja Kalkulatornya Pak

Baca Juga 

Kata Mentan: Total Kerugian 10.000 X 1 Juta = 10T , Netizen : Banting Aja Kalkulatornya Pak
 



Jakarta, Kabarsatu  - Satgas Pangan menggerebek gudang beras PT Indo Beras Unggul (IBU) di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat Kamis (20/7/2017). Di gudang ini, Satgas menemukan 1.161 ton beras subsidi pemerintah yang dipoleh jadi beras premium.

Turut hadir di lokasi penggerebekan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf, didampingi Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono, dan Ketua Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto.

Amran mengapresiasi kinerja Satgas Pangan yang mengungkap kasus tersebut.

"Kami sangat apresiasi kinerja jajaran Polri, khususnya Satgas Pangan yang bekerja tepat sasaran. Ini adalah sinergi yang sangat baik," kata Amran dalam keterangan tertulis dari Kementan, Jumat (21/7/2017).

Menurut Amran, jenis beras yang digrebek tersebut rata-rata jenis IR 64 yang disubsidi oleh pemerintah. Selanjutnya beras dipoles menjadi beras premium.

"Setelah kami melihat tadi data-data, dari sektor pertanian, jenis beras ini yakni beras IR 64 subsidi pemerintah, yang kemudian dipoles menjadi beras premium," tutur Amran.

Setelah menjadi beras premium, harganya akan naik di pasaran. Semula harganya hanya Rp 6.000-Rp 7.000 per kilogram, kemudian dijual Rp 20.400 per kilogram (kg).

"Berarti ada selisih sekitar Rp 14.000 per kg. Katakanlah selisihnya Rp 10.000 per kg dari harga semula. Jika itu dikali 1 juta, maka selisihnya Rp 10 triliun . Kalau itu yang terjadi, ini akan menekan konsumen dan membuat konsumen menjerit, tapi petaninya tidak dapat apa-apa," terang Amran seperti dikutip dari detikcom

Tapi jika dihitung, Rp 10.000 per kg itu dikalikan satu juta maka hasilnya Rp 10 miliar, bukan Rp 10 triliun.
Selengkapnya disini : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3568694/mentan-perkirakan-pemalsu-beras-bisa-raup-rp-10-m-ini-hitungannya

"Berarti ada selisih sekitar Rp 14.000 per kg. Katakanlah selisihnya Rp 10.000 per kg dari harga semula. Jika itu dikali 1 juta, maka selisihnya Rp 10 triliun . Kalau itu yang terjadi, ini akan menekan konsumen dan membuat konsumen menjerit, tapi petaninya tidak dapat apa-apa," terang Amran.

WHAT??? 10.000 x 1.000.000 = 10 TRILIUN ???

Dalam cerdas cermat tingkat SD...

Penanya: "10.000 dikali 1 juta adalah..."
Penjawab (Grup C): "10 Milyar!"
Penjawab (Grup A): "10 Trilyun!"

Dewan Juri: "Ya, 10 Trilyun jawaban yg benar. Grup A benar. Silakan bawa sepedanya..."

Saya garuk-garuk kepala. Buka kalkulator, kalkulator pun 'salah'. Saya banting kalkulator. Buka aplikasi Numbers (sejenis Microsoft Excel) di Macbook, aplikasi Numbers pun salah. Buka aplikasi kalkulator di iPhone 7 Plus, aplikasi kalkulator pun salah. Mau banting Macbook dan iPhone gak jadi. Sayang.

(Azzam Mujahid Izzulhaq)

"Kita sering ketawa menyaksian kegaduhan negeri ini yang tidak tepat, yang membuat otakku ngilu. Apalagi kalo sudah bicara data..."kata Agus Santoso (Pakar Pertambang).[detik/fatur]

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top