Terbitkan Perppu Ormas, Kapolri akan Bahas Ulang dengan Menkopolhukam

Baca Juga 


Terbitkan Perppu Ormas, Kapolri akan Bahas Ulang dengan Menkopolhukam
 



Pemerintah melalui Menkopolhukam telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Organisasi Kemasyarakatan (ormas).

Menanggapi itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku pihaknya bakal membicarakan hal tersebut dengan Menkopolhukam Wiranto.

"Nanti kita akan diskusikan dengan Menko dulu," kata Tito usai halal bihalal dengan Pansus Angket KPK di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Menurut dia, meski Polri berperan sebagai penegak hukum yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, tetapi dalam pelaksanaannya melibatkan beberapa instansi Pemerintah.

"Itu kan perlu ada koordinasi beberapa instansi. Bukan Polri sendiri yang menentukan," singkat jenderal polisi jebolan Akpol 87′ itu menambahkan.

Sementara menurut Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, Polri akan menunggu instruksi pemerintah terkait pelaksanaan Perppu Ormas. Selain itu, Polri juga sudah menyiapkan beberapa alternatif pelaksanaannya.

"Kita nunggu Pemerintah resmi menyatakan apa langkah Polri (menindaklanjuti berlakunya perppu). Kita udah siapkan beberapa alternatif pelaksanakan," terang Setyo.

Sekedar informasi, Perppu Nomor 2/2017 sebagai pengganti atas Undang-Undang Nomor 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan diumumkan hari ini. Sebenarnya, penerbitan Perppu ini sudah dilakukan pada Senin 12 Juli 2017.



Perppu Ormas tersebut mengatur tahapan sanksi bagi ormas anti-Pancasila yang ringkas dibanding UU Nomor 17 Tahun 2013. Perppu Ormas mengatur tiga tahapan sanksi terhadap ormas.



Pasal 61 Perppu Ormas mengatur sanksi administratif dengan tahapan peringatan tertulis, penghentian kegiatan dan/atau pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

sumber : aktual

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top