Doa Masuk Pasar yang Shahih dan Rahasianya yang Penuh Berkah dan Manfaat

Baca Juga 


Doa Masuk Pasar yang Shahih dan Rahasianya yang Penuh Berkah dan Manfaat
 


Doa masuk pasar yang shahih dan rahasianya / Pic source : panduanwisata

Pernahkah atau malah sudah sering mendatangi pasar di sekitar rumah? Bisa pasar tradisional atau pun pasar modern seperti mini market sampai mall.

Di dalam pengertian umum pasar itu sendiri, pasar adalah salah satu tempat dimana terjadi hubungan atau interaksi jual beli baik barang maupun jasa.

Baca juga : Sudah Jadi Pilihan yang Praktis, Tapi Bolehkah Muslimah Naik Ojek? Awas Maksiat Ya

Pasar merupakan salah satu hal yang cukup penting bagi sebuah kawasan misalnya desa atau bahkan kota besar.

Selain menjadi tempat mencari barang dan jasa, pasar juga mampu membuka lapangan kerja bagi mereka yang ingin berdagang dan menawarkan jasa mereka.

Sehingga pasar merupakan titik nadi yang sentral bagi banyak orang untuk mendapatkan sesuatu. Terlebih lagi pasar tradisional yang biasanya menjajakan barang dagangan lebih murah ketimbang membeli di pasar swalayan.

Berbicara mengenai pasar, apa yang harus dilakukan oleh seseorang sebelum memasuki pasar?

Memarkir kendaraan dengan benar?

Atau mempersiapkan uang dan juga mengingat kembali apa yang ingin dibeli?

Mungkin itu semua benar, tapi tahukah bahwa ternyata di dalam Islam ada doa masuk pasar yang dianjurkan untuk dibaca ketika memasuki kawasan tersebut?

Sebelum itu, alangkah lebih baiknya jika ulasan ini dimulai dari apa itu pengertian pasar dalam sudut pandang Islam.

Pasar dalam Pandangan Islam

Sebelum mengetahui perihal doa masuk pasar dan rahasianya, ternyata dari sejarah dapat kita lihat.

Yakni segera setelah kedatangan Rasulullah di Madinah Al Munawarah, yang pertama dibangun adalah masjid, kemudian berikutnya adalah pasar bagi kaum muslimin.

Rasulullah SAW menjelaskan melalui tindakan nyata bahwa pasar harus berupa tempat yang dapat digunakan secara bebas oleh semua orang tanpa ada pembagian, tidak ada pajak, retribusi atau bahkan uang sewa.

Begitupun di jaman Khalifah Umar bin Khattab ra, masjid dan pasar mendapat perhatian yang besar sehingga perencanaan keduanya nampak dalam setiap pembangunan kota.

Umar memerintahkan agar di setiap kota dibangun masjid dan pasar. Masjid sebagai pusat ibadah dan keilmuan sedangkan pasar sebagai pusat perdagangan.

Pun perhatian Umar bin Khatthab ra mulai dari pendirian pasar, pengaturan dan pengawasannya.

Dari sisi pendirian, Umar bin Khatthab ra memerintahkan untuk mendirikan pasar untuk umat Islam di setiap tempat yang ditinggali umat Islam, maka rencana pasar sesuai dengan rencana tempat tersebut.

MasyaAllah, sungguhlah hakikat pasar di dalam Islam itu sendiri adalah demi kebaikan manusia itu sendiri, dan bukan hanya sebagai tempat jual-beli saja.

Akan tetapi dibalik itu semua, tersembunyi bahaya yang nyata ketika kita memasuki pasar, oleh sebab itulah kita harus paham betul bagaimana doa masuk pasar dan fadhilahnya.

Doa Masuk Pasar yang Shahih dan Rahasianya

Doa masuk pasar yang shahih dan rahasianya / Pic source : adittyaregas

Membahas tentang bagaimana bahaya nyata pasar apabila kita tak menyadarinya, untuk itulah ada doa masuk pasar sunnah, dimana bisa diamalkan ketika memasuki pasar.

Di dalam salah satu hadist disebutkan bahwa, "Barangsiapa masuk pasar, lalu membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

"Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariika lahu, lahulmulku walahulhamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khoiir, wa huwa 'ala kulli syai'in qodiir."

Artinya:

Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan.

Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Allah mencatat untuknya satu juta kebaikan, menghapus darinya satu juta keburukan dan meninggikan untuknya satu juta derajat."

(HR. At-Tirmidzi 5/291, Al-Hakim 1/538 dan Ibnu Majah 2235. Al-Albani menyatakan, hadits tersebut hasan dalam Shahih Ibnu Majah 2/21 dan Shahih At-Tirmidzi 2/152.)

Maka dari itu, meskipun pasar menjadi suatu hal yang penting bagi sebuah kawasan, namun juga menyimpan hal yang tak terduga. Seperti sabda Rasulullah SAW,

"Tempat yang paling baik adalah masjid. Sedangkan tempat yang paling buruk adalah pasar". (HR Ibnu Hibban no 1599. Syeikh Syuaib al Arnauth mengatakan, "Hadits hasan").

Jadi sebisa mungkin setelah kita membaca doa masuk pasar yang shahih, maka perbanyak dzikir untuk menghindari segala keburukan yang ada.

Karena seorang muslim yang datang ke pasar untuk mencari rezki yang halal, dengan selalu berzikir (ingat) kepada Allah Ta'ala dan meninggalkan segala sesuatu yang diharamkan-Nya.


Doa masuk pasar yang shahih dan rahasianya / Pic source : liputan6

Baca juga : Doa Buka Puasa Senin Kamis Shahih Terlengkap dalam Bahasa Indonesia dan Arab

Maka ini adalah termasuk sebaik-baik usaha yang diberkahi oleh Allah Ta'ala, sebagaimana sabda Rasululah shallallahu 'alaihi wa sallam,

"Sungguh sebaik-baik rizki yang dimakan oleh seorang laki-laki adalah dari usahanya sendiri (yang halal)".

Sehingga berdzikir lebih utama jika diucapkan dengan lisan disertai dengan penghayatan akan kandungan maknanya dalam hati, karena zikir yang dilakukan dengan lisan dan hati adalah lebih sempurna dan utama.

Jadi, sudah mengerti bukan jikalau doa masuk pasar dan manfaatnya mampu menghindarkan kita dari bahaya pasar yang terkadang menipu?

Semoga saja dengan doa masuk pasar latin, arab, dan terjemahannya yang telah diulas tadi mampu kita amalkan, sehingga ridha dan rahmat Allah SWT bisa kita dapatkan.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Daftar Artikel Terbaru Lainnya 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top