Pengungsi Rohingya di Tanah Sulsel Tetap Tersiksa,Terasing dan Terusir

Baca Juga 

Pengungsi Rohingya di Tanah Sulsel Tetap Tersiksa,Terasing dan Terusir
 



Makassar, Kabarsatu - Sebagian warga Rohingya memasuki wilayah Sulawesi Selatan demi mendapat perlindungan dan kehidupan yang lebih layak. Namun, harapan tersebut tak sesuai kenyataan yang dihadapi.

AH, salah satu pengungsi Rohingya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengungkapkan selama tujuh tahun dalam pengungsian, dia dan keluarganya justru diperlakukan hampir serupa seperti di negerinya.

Ia mengaku mereka terkadang diculik oleh orang yang mengaku dari Imigrasi, lalu diisolasi di ruang sempit dan gelap. Selama diisolasi, mereka mengaku tak diberi makan dan minum selama berhari-hari.

"Saya sendiri pernah merasakan kejadian itu, di mana dalam beberapa hari saya dikurung di ruang isolasi oleh petugas Imigrasi. Mereka melakukan penyiksaan layaknya pelaku kriminal. Setelahnya dalam beberapa waktu, saya muntah darah," kata AH kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang terbata-bata.

Setelah diperlakukan seperti itu, AH mengaku diperingatkan agar tidak menyebarkan perlakuan yang dialaminya kepada siapa pun. Jika itu dilakukan, mereka diancam akan kembali dianiaya dengan lebih parah.

"Kalau kita sebarkan ke media, kita akan disiksa lagi dan lebih parah," ucapnya.

Abu Jamil, pengungsi Rohingya lainnya mengatakan, sebenarnya para pengungsi Rohingya yang berada di Makassar meminta solusi yang baik kepada pemerintah setempat. Ia sendiri memiliki tiga opsi.

"Yang pertama itu kita dipulangkan saja ke negara asal kami (Myanmar), yang kedua adalah kami dijadikan warga negara Indonesia agar bisa bekerja dan dapat penghidupan yang layak di Indonesia. Sementara pilihan yang ketiga, adalah kami pindah ke negara lain yang mau menerima kami pengungsi," tuturnya.

Dari ketiga opsi itu, ia berharap solusi kedua bisa difasilitasi agar ia dan keluarga bisa hidup layak. Namun, ia menyadari jika pilihan tersebut tidak mungkin, sehingga pilihan ketiga paling mungkin diterima.[lip/fatur]

sumber:http://regional.liputan6.com/read/3044970/pengungsi-rohingya-di-tanah-sulsel-tetap-terasing-dan-terusir

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top