Wow, PDIP Bakal Usung Irjen Iriawan Cagub Jabar, Emil Masih Sibuk Cari Tiket

Baca Juga 

Wow, PDIP Bakal Usung Irjen Iriawan Cagub Jabar, Emil Masih Sibuk Cari Tiket
 

Wow, PDIP Bakal Usung Irjen Iriawan Cagub Jabar, Emil Masih Sibuk Cari Tiket


Jakarta, Kbarsatu - Dinamika Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 semakin panas setelah PDIP dan Golkar sepakat memberi sinyal tak mendukung Ridwan Kamil. Ridwan atau biasa disapa Emil tergopoh-gopoh mencari tiket dari partai-partai, sedangkan calon lawan politiknya terus bermunculan.

Keputusan Ridwan Kamil menyatakan dini ingin maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat menjadi alasan PDIP tak mendukungnya. Untuk Golkar, partai berlambang beringin tersebut mengaku tak menemukan kesepakatan setelah berkomunikasi dengan Emil.

Emil sendiri baru mengantongi dukungan dari Partai NasDem untuk berlaga di Pilgub Jabar 2018. Namun dukungan dari NasDem itu belum cukup memberinya tiket. Soal PDIP dan Golkar yang menyatakan tak akan mendukungnya nanti, Emil mengatakan akan terus mencari jalan agar mendapat tiket ke arena pertarungan berebut kursi Jabar-1.

"Pada dasarnya politik itu dinamis. Ketika ada peristiwa atau momentum politik, tafsirnya juga bisa beragam," kata Emil, Senin (7/6/2017).

Saat Emil susah payah mencari tiket, calon lawannya terus bermunculan. Sejauh ini, sejumlah nama, di antaranya As Ops Kapolri Irjen M Iriawan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi, Ustaz Abdullah Gymnastiar, dan eks Gubernur BI Burhanuddin Abdullah, tampil ke muka publik untuk menantang Emil.

Ridwan Kamil.Ridwan Kamil (Istimewa)

Yang mengejutkan adalah kemunculan nama Irjen Iriawan di pusaran Pilgub Jabar. Iriawan muncul dengan niat menyejahterakan warga Jawa Barat. Ini tantangan berat bagi Emil, mengingat survei Pilgub Jawa Barat 2018 memunculkan nama Iriawan sebagai salah satu calon kuat. Sebelum ini, sebetulnya nama Iriawan juga pernah diminta maju dalam Pilgub Jabar oleh tokoh Jawa Barat.

"Tentunya saya ingin menyejahterakan masyarakat Jawa Barat," sebut Iriawan, Kamis (2/8).

Kemunculan Iriawan disambut baik oleh PDIP. Iriawan memang pernah menjabat Kapolda Jawa Barat. Iriawan pun dianggap mengerti permasalahan di Jawa Barat. Jika hendak mendaftar ke PDIP, Iriawan bisa langsung menyambangi kantor DPP PDIP karena PDIP Jabar telah menutup pendaftaran bagi cagub-cawagub Jabar.

"Beliau pasti memahami wilayah Jabar. Sebab, salah satu keharusan bagi calon pimpinan Jabar itu ya harus tahu dan mengenal Jabar. Beliau juga punya jaringan. Ya jadi wajar kalau beliau siap mencalonkan. Di DPP PDIP masih terbuka untuk pendaftaran. Kalau kemudian DPP menjaring Pak Iriawan, ya sah-sah saja. DPP punya hak menjaring," ujar Sekretaris PDIP Jabar Abdy Yuhana Abdy.

Meski banyak nama yang muncul, Emil berpeluang mendapat dukungan tambahan dari partai selain NasDem. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut partainya siap mengusung Emil, namun dengan syarat yang harus dipenuhi.

"Kita menawarkan kader PKB jadi calon wakil gubernur," kata Cak Imin.

Ada satu nama lagi yang muncul, yaitu Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana. Politikus PKS itu disorongkan oleh Aliansi Masyarakat Peduli Jabar (AMPJ) ke DPP PKS.

Apakah Emil dapat mencapai tujuannya, atau nama-nama, seperti Iriawan dan Dedi Mulyadi, malah yang jadi pemenang? Menarik untuk diikuti bagaimana nasib Ridwan Kamil dan dinamika Pilgub Jabar yang tiap hari makin panas. [detik/fatur]

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top