Luhut “Ancam” Anies -Sandi, Sandiaga : Proyek Reklamasi untuk Siapa? Anak Indonesia?

Baca Juga 


Reklamasi Dibatalkan, Luhut “Ancam” Anies -Sandi



Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan rencana tentang reklamasi oleh Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Baswedan untuk mencabut atau mengalih fungsi bisa saja dilakukan asal ada landasan aturannya.
Luhut menjelaskan, apabila Anies menilai persoalan reklamasi itu perlu dihentikan atau dibuat alih fungsi maka harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Tak hanya persoalan aturan, menurut Luhut, nantinya Anies juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tuntutan para pengembang yang sudah merugi akibat proyek reklamasi gagal.
“Kalau peraturannya demikian, ya saya ikut aja. Asalkan mereka sudah sesuai sama aturan. Mereka mau batalin, tapi ada aturannya, ya sudah terserah. Saya kan sebagai menko, ada batasannya. Gubernur juga ada batasannya. Presiden juga ada batasanya,” ujar Luhut di Kantornya, Selasa (17/10).

Luhut menjelaskan, aturan tentang pemanfaatan lahan reklamasi dan jadi penataan ruang kota Jabodetabek sudah tertuang dalam peraturan yang sudah diterbitkan pada era Susilo Bambang Yudhoyono. PP Nomer 54 Tahun 2008 tentang penataan ruang dan Perpres yang dikeluarkan pada tahun 2008 tentang reklamasi dan pemanfaatan pulau pulau kecil. “Itu kan sudah ada landasan hukumnya. Disitu disebut ada wilayah wilayah penyangga,” ujar Luhut.

 Sandiaga : Proyek Reklamasi untuk Siapa? Anak Indonesia? 


  Yes  Muslim  - Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan telah mencabut moratorium reklamasi sehingga megaproyek di DKI itu dipastikan dapat tetap berjalan. Namun Pemprov DKI Jakarta menentang proyek tersebut.
Wagub DKI Sandiaga Uno mempertanyakan kepada siapa manfaat proyek reklamasi itu dirasakan. Dia mengaku sudah sempat menyinggungnya saat bertemu Luhut beberapa waktu lalu. Namun pertemuan itu tidak menemukan titik temu.





"Saya tanya saja belum ada jawaban yang pasti, lapangan kerja berapa yang diciptakan di sana. Dan lapangan kerja model apa yang diciptakan kajiannya belum ada," ujarnya.


Sandi juga mempertanyakan manfaat yang akan diraih warga Indonesia jika proyek tersebut dijalankan. Sandi menegaskan dia dan Anies merupaka pemimpin untuk semua golongan

"Untuk siapa tempat itu ? Untuk anak Indonesia? Bagaimana pendidikan, apakah kehidupan yang kita lihat di sini akan terbantukan segenlitir kepentingan oleh kelompok orang. Kita memimpin untuk semua orang bukan segelintir," tuturnya.






Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top