Soal Saham Anker Bir, Goodbener Anies: Investasi Air Bersih, Bukan 'Air Keras'

Baca Juga 


Soal Saham Anker Bir, Anies: Investasi Air Bersih, Bukan 'Air Keras'



  Yes  Muslim  -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai dividen yang didapat Pemprov DKI Jakarta dari kepemilikan saham di produsen Anker Bir, PT Delta Djakarta Tbk tak terlalu menguntungkan. Menurut Anies, Jakarta lebih membutuhkan investasi di air bersih.





"Kalau dibandingkan dengan yang lain nggak (terlalu menguntungkan) lah. Jakarta itu jauh lebih membutuhkan kita berinvestasi kepada air bersih daripada 'air keras'. Itu pasti tuh," kata Anies saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).


Wagub DKI Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan akan menggelar beauty contest untuk mencari penasihat keuangan. Penasihat keuangan itu diperlukan terkait dengan rencana pelepasan saham PT Delta.

"Kami sekarang lagi mencoba melakukan beauty contest untuk penasihat keuangan yang bisa memberikan input masukan untuk perkara tentunya investasi kami di Delta Jakarta ini," ujar Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).


Sandiaga memastikan, dia dan Anies memiliki keselarasan pandangan terhadap persoalan investasi di perusahaan produsen anker bir itu. Namun, saat ini ada berbagai proses yang harus dilalui.

"Karena ini perusahaan terbuka. Tentunya harus melalui beberapa kajian dan review dan juga koordinasi dengan baik manajemen perusahaan, mitra, Bursa Efek Indonesia dan juga OJK," terang Sandiaga.






Sandiaga Akui Setoran Dividen Anker Bir ke DKI Besar


Pemprov DKI Jakarta sedang mengkaji kepemilikan saham mereka di perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk (DLTA). Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengakui setoran dividen produsen Anker Bir itu besar. 

"Kontribusinya, kalau kita lihat mereka membayar deviden, net profit-nya cukup tinggi. Tapi kalau dilihat dari total penerimaan kita yang di atas Rp 40 triliun ya nggak terlalu besar juga," kata Sandiaga di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Sabtu (7/4/2018).

Sandiaga sebelumnya mengatakan akan mengambil keputusan soal kepemilikan saham di perusahaan tersebut setelah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rapat umum pemegang saham (RUPS) akan digelar pada akhir April.


"RUPS akan dilaksanakan akhir April. Sekitar akhir April kita akan sampaikan pemikiran Pemprov untuk kepemilikan kita di perusahaan tersebut," ujar Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, kemarin.

Gubernur DKI Anies Baswedan pada masa kampanye berjanji akan menjual saham pemprov DKI di PT Delta jika terpilih menjadi gubernur. Salah satu alasan melepas saham itu untuk menjaga anak-anak dari konsumsi minuman keras, seperti bir. 









Kalau Anies-Sandi Jual Saham Anker Bir Hari Ini, Nilainya Rp 960 M


- Pemprov DKI Jakarta sedang mengkaji rencana melepas kepemilikan saham di perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk (DLTA), produsen bir salah satunya Anker Bir.

Rencana ini merupakan salah satu janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno.

Berapa harga saham DLTA?

Mengutip data perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (9/4/2018), saat ini saham DLTA berada di posisi Rp 5.150.


Pemprov DKI saat ini memegang 186.846.000 juta lembar saham produsen Anker Bir, atau setara 23,3%. Sementara sisanya dipegang oleh San Miguel Malaysia Pte sebanyak 58,3% dan masyarakat 18,3%.

Dengan asumsi harga Rp 5.150 dan jumlah lembar saham yang dikuasai mencapai 186.846.000, maka besaran dana yang bisa diperoleh dari aksi penjualan saham tersebut bisa mencapai Rp 962.256.900.000.

Hari ini, belum ada transaksi yang memperdagangkan saham DLTA. Ditarik sejak awal tahun, harga saham DLTA sempat menyentuh posisi tertinggi di Rp 5.200 dan terendah di Rp 4.510.


Delta Djakarta sudah melantai di bursa saham sejak 27 Februari 1984. Selama ini, emiten berkode DLTA itu rutin menyetor dividen yang jumlahnya cukup besar ke Pemprov DKI.

Hingga akhir 2017 lalu, Delta Djakarta punya aset Rp 1,34 triliun. Sementara omzetnya tahun lalu Rp 777 miliar dengan laba Rp 279 miliar.(dna/ang)







Anies Pastikan akan Lepas Saham di PT Delta


- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan tetap akan melepas saham di PT Delta Djakarta Tbk (DLTA). Proses pelepasan saham produsen Anker Bir itu tengah disiapkan.

"Pasti dilepas. Pasti," kata Anies di Bumi Perkemahan Cibubur, Cibubur, Jakarta Pusat, Minggu (8/4/2018).

"Kami akan siapkan prosesnya," ujar Anies.
Anies mengaku telah mengkoordinasikan persoalan pelepasan saham tersebut dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno Minggu lalu. Pembicaraan tersebut terkait persiapan-persiapan yang harus disiapkan.


Anies mengatakan belum diputuskan mekanisme apa yang akan digunakan terkait pelepasan saham PT Delta. Anies belum membeberkan apakah akan dijual atau dihibahkan.

"Nanti pasti akan ada mekanisme pasar," katanya.

Jika sahamnya akan dijual, Anies mengaku belum ada rencana akan digunakan untuk apa hasil penjualan saham perusahaan yang disebut Sandiaga menyetor deviden tinggi ke Pemprov DKI.

"Nanti dulu, laku dulu baru bicara uangnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Sandiaga mengatakan akan mengambil keputusan soal kepemilikan saham di perusahaan tersebut setelah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rapat umum pemegang saham (RUPS) akan digelar pada akhir April.

"RUPS akan dilaksanakan akhir April. Sekitar akhir April kita akan sampaikan pemikiran Pemprov untuk kepemilikan kita di perusahaan tersebut," kata Sandiaga di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Sabtu (7/4).

Pelepasan saham PT Delta tersebut merupakan salah satu janji kampanye Anies-Sandi. Salah satu alasan melepas saham itu untuk menjaga anak-anak dari konsumsi minuman keras, seperti bir. 
(idh/idh)


Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top