Cara 'Ampuh' menghilangkan cegukan dengan cepat !

Baca Juga 

  Yes  Muslim  - Cegukan atau disebut dengan hiccup dalam bahasa Inggris karena menutupnya pita suara secara tiba-tiba karena terpicu oleh kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik. Diafragma sendiri adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan. 

Cegukan bisa dialami mulai dari bayi hingga lanjut usia. Durasinya pun bermacam-macam, ada yang sebentar hanya dalam hitungan menit, namun ada pula yang berhari-hari.





Pengertian cegukan secara medis seperti yang telah dijelaskan secara singkat adalah keadaan dimana diafragma yang berkontraksi karena kejang menyebabkan pita suara yang ada di tenggorokan menutup dan membuka dengan sangat cepat. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami cegukan yang tentu saja tidak bisa diprediksi.

Penyebab cegukan :

  • Makan makanan pedas
  • Makan dengan cepat
  • Makan terlalu banyak
  • Minum minuman bersoda
  • Minum minuman beralkohol
  • Minum minuman panas
  • Masuk angin
  • Perubahan suhu yang ekstrim dan tiba-tiba
  • Perut kembung
  • Merokok atau menghisap asap rokok

Cegukan juga dibagi menjadi 2 jenis; cegukan ringan dan cegukan berat

  • Cegukan ringan merupakan cegukan yang kebanyakan terjadi pada orang. Cegukan ringan hanya berlangsung sebentar atau menit.
  • Cegukan berat. Tentu saja perbedaan utamanya adalah cegukan yang dialami hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Nah, bagi Anda yang mengalami hal ini harus waspada, karena bisa saja menjadi pertanda bahwa ada hal tidak beres terjadi dalam tubuh Anda. Hal yang mungkin terjadi ketika cegukan Anda keras dan lama adalah adanya gangguan pada otak, penyakit kronis, infeksi, herpes, gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, atau karena Anda sedang dalam pengaruh obat-obatan. Sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara menghilangkan cegukan

Seringkali saat kita cegukan, banyak orang yang menganjurkan cara menghentikan cegukan yang berbeda-beda. Bahkan Anda sampai kebingungan karena terlalu banyak cara menghentikan cegukan. Nyatanya, cara menghentikan cegukan memang beragam. Hal ini dikarenakan efek dari cara menghentikan cegukan berbeda pada setiap orang. Ada orang yang biasa menghentikan cegukan dengan menahan napas, ada juga yang menghentikan cegukan dengan cara minum air. Berikut beragam cara menghentikan cegukan.
  1. Menahan napas

Cara paling umum yang pasti sudah diketahui oleh semua orang adalah dengan menahan napas. Menahan napas dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan karena kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah. Caranya dengan Anda menahan napas langsung selama yang Anda kuat.
  1. Bernapas dengan kantong plastik atau kertas

Bernapas dengan kantong plastik atau kertas tujuannya sama dengan menahan napas. Yaitu agar kadar karbondioksida meningkat. Karena bernapas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas, maka sebenarnya Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Bernapas saja seperti biasa namun dengan menggunakan kantong plastik atau kertas

  1. Minum air hangat

Air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Caranya adalah dengan meminum air hangat lalu menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang Anda bisa. Kemudian kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas. Baru kemudian masukkan dalam tubuh atau diminum dan bernapas seperti biasa.
  1. Mengatur pernapasan

Bernapaslah dengan teratur dan benar. Hal ini agar oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat. Caranya adalah dengan menarik napas dalam tahan sekuat yang Anda bisa lalu hembuskan.
  1. Menahan napas dengan menekuk kedua lutut

Menahan napas dengan menekuk kedua lutut juga bisa Anda praktekkan sebagai cara menghilangkan cegukan.
  1. Headstand

Melakukan headstand memang tidak mudah. Namun dengan membalikkan tubuh maka peredaran darah dan oksigen akan terbalik.
  1. Menjulurkan lidah

Menjulurkan lidah dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma

  1. Gula

Mengulum atau mengemut gula batu atau sesendok gula pasir bisa digunakan sebagai cara menghilangkan cegukan karena gula dapat merangsang otot diafragma. Kulum gula selama 5 menit lalu bisa Anda telan atau dikeluarkan.

  1. Es batu

Usapkan es batu pada tenggorokan Anda perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang.

  1. Minyak kayu putih

Mengoleskan jeruk nipis pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara menghilangkan cegukan. Minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dapat menjadi cara menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis, jadi diperas langsung di mulut. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus. 


Cara Mengatasi Cegukan



 Assalamualaikum wr wb.
Dokter, anak saya laki-laki umur 9 tahun. Saat ini, alhamdulillah dia sudah berpuasa penuh sampai Maghrib. Dua hari terakhir, saya perhatikan ada sedikit masalah saat dia menjalankan puasa, yakni cegukan. Cegukannya muncul beberapa menit, setelah itu berhenti, lalu muncul lagi. Biasanya, jika tidak berpuasa, saat cegukan saya beri dia minum air putih. 

Nah, kalau saat puasa begini, tidak mungkin saya memberinya air putih juga. Pertayaan saya, apa yang menyebabkan cegukan terjadi? Bagaimana mengatasi cegukan saat seseorang sedang berpuasa? Sekian pertanyaan saya, terima kasih. 

Zakia
Cilandak, Jakarta Selatan

JAWABAN: 
Waalaikum salam wr wb.
Cegukan atau cekuken (hiccup) terjadi karena ada spasme diafragma secara tidak sengaja dan pita suara menutup tiba-tiba. Penyebabnya ada berbagai macam, misalnya, ketika makan terlalu banyak dan cepat tanpa minum di antaranya. Penyebab lain adalah minum alkohol, merokok, perubahan temperatur lambung mendadak akibat minum dingin, air es, misalnya, yang dilakukan segera setelah kita minum minuman yang panas. Perubahan emosi mendadak juga dapat menyebabkan cegukan.

Cegukan bisa amat sangat ringan, hilang sendiri dengan cepat, tapi dapat pula amat mengganggu, apalagi, misalnya, ketika kita sedang melakukan presentasi di depan para hadirin dan mendadak cegukan. 

Ada beberapa tips untuk menghentikan cegukan dengan segera:

1. Minum air putih, seperti yang biasa Ibu Zakia kerjakan. Agar lebih manjur, minumnya harus sambil menunduk dan minum dari bibir gelas yang jauh dari kita; biasanya kita minum dari gelas dengan mulut kita ada di bibir gelas yang dekat kita. Kali ini, minumnya dari bibir gelas yang seberangnya, yang jauh dari kita.

2. Leher dongakkan sedikit kebelakang, kemudian masukkan gula pasir sesendok teh ke lidah kita, jangan ditelan. Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih. 

3. Usapkan es ke dagu dan minum beberapa tetes air es. Dilarang keras menelas es batu ketika cegukan, bisa salah masuk ke jalan napas dan dapat menyebabkan kondisi kritis. 

Bagaimana cara menghentikan cegukan ketika berpuasa? Mulailah dengan cara keempat dan seterusnya. 

4. Tahan napas beberapa detik, sekitar 10 detik, kemudian bernapas biasa. Cara ini bisa diulang beberapa kali sampai cegukan berhenti. Kalau cara tersebut belum berhasil, Anda dapat mencoba tips kelima. 

5. Tahan napas sewaktu mulut kita di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas. Demikian, diulang beberapa kali.

6. Letakkan jari kita ke langit-langit, kemudian pijatlah dengan halus, langit-langit tersebut. Cara lain adalah letakkan lidah di antara dua bibir dan tutup mulut. 

7. Kalau tidak menolong juga maka perlu segera membawa anak Bu Zakia ke dokter spesialis THT, khususnya kalau ada yang sedang praktik di rumah sakit. Anda juga bisa ke IGD rumah sakit terdekat untuk meminta pertolongan. Dokter akan membuatkan resep anticegukan, antara lain, chlorpromazine atau metoclopramide. 

Pada kondisi cegukan yang amat berat, dokter kadang menyarankan suntikan obat anestetik untuk memblok saraf diafragma. Pilihan lain adalah memasang implan untuk stimulasi elektrik ke saraf vagus. Wassalam. 


Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top