Tak Masuk Daftar 200 Mubalig Kemenag, Tanggapan UAS Bikin Kaget dan Tertawa

Baca Juga 




  Yes  Muslim  - Kementerian Agama merilis 200 daftar nama mubaligh Berjudul “Daftar Nama Mubaligh/Penceramah Islam Indonesia.”


Sejumlah nama dai yang dikenal luas justru tidak masuk dalam daftar tersebut. Di antaranya Ustadz Abdul Somad (UAS).

Seorang jamaah bertanya melalui WhatsApp (WA), jawaban UAS lalu discreenshoot di Instagram yang kini diikuti 2,6 juta follower. Jawaban itu bikin netizen terkejut dan tertawa. Terkejut karena ternyata jadwal UAS sudah penuh hingga April 2020 nanti, tertawa karena jawaban yang bernada husnudhan tersebut dinilai mengandung humor.

“Bagaimana tanggapan Ustadz, Ustadz tidak termasuk dalam 200 mubaligh rujukan Kemenag??” demikian pertanyaan seorang jamaah melalui WA tersebut.

“Sebab Kemenag tidak ingin mengecewakan masyarakat. Karena saya penuh sampai April 2020,” jawab Ustadz Abdul Somad.



Ribuan komentar meramaikan status IG tersebut. Umumnya menunjukkan dua hal; ada yang kaget karena ternyata jadwal UAS sangat padat. Ada pula yang terbawa humor.

“terbaik... Allahuakbar” kata @noviyardallah_fam

“Haha....proud ustad idolaku @ustadzabdulsomad” kata @rachman_manessa 



Namanya Masuk Rilis 200 Mubaligh Kemenag, Dahnil Anzar: Saya Bukan Ahli Seperti UAS



Kementerian Agama (Kemenag) merilis daftar 200 nama muballigh yang direkomendasikan untuk mengisi kegiatan keagamaan umat Islam.







Selama ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kerap mendapatkan pertanyaan dari masyarakat terkait nama muballigh yang dianggap berkompeten dalam menyampaikan syiar.

Karenanya, Kemenag pun merilis 200 nama Muballigh yang dianggap memenuhi tiga kriteria penting, yakni mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

Nama-nama muballigh dalam daftar tersebut dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat.

Salah seorang yang namanya masuk dalam rilis tersebut adalah Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjutak.

Sedangkan nama Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak tercantum dalam rilis. Padahal sosoknya kini sedang naik daun dan digandrungi oleh beberapa pihak.

Memiliki nama lengkap Abdul Somad Batubara, ustaz kelahiran Simo Lama, Asahan, Sumatera Utara ini merupakan lulusan dari Universitas Al-Azhar, Mesir dan meneruskan jenjang S2 di Institut Daar al-Hadits al-Hasaniyyah, Maroko.

Selain berdakwah, Abdul Somad juga dipercaya untuk mengajar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Nama Abdul Somad mulai moncer dan dikenal oleh khalayak semenjak dakwahnya tersebar luas melalui saluran Youtube.

Dalam pengajiannya, Abdul Somad kerap mengulas tentang berbagai persoalan Agama dan isu kontemporer.

Hal ini membuat Dahnil Anzar memberikan pendapatnya. Melalui akun Twitter pribadinya, @Dahnilanzar, dirinya berterus terang dengan mengatakan jika tidak pantas masuk dalam rilis tersebut.

Menambahkan, dirinya menyayangkan jika UAS yang menurutnya berilmu tinggi tidak ada dalam rilis.

UAS, Adi Hidayat dan ustadz yg berilmu tinggi lainnya pantas didengar oleh Umat, justru terus terang sy merasa tdk pantas ada dilist tsb, karena bnyk sekali yg hrs sy pelajari, dan sy bkn ahli agama sprt UAS dan Adi Hidayat serta Ustadz baik lain yg ada dilist kemenag tsb.

Masih Akan Terus Update

Menag menyampaikan jika daftar dalam rilis masih bisa berubah dan masih akan terus diupdate.

“Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu. Namun, para muballigh yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut,” ujar Menag.

"Artinya, data ini bersifat dinamis dan akan kami update secara resmi," sambungnya.

Rilis daftar nama muballigh ini bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses para penceramah yang mereka butuhkan.

Langkah ini diharapkan akan memperkuat upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sesuai misi Kementerian Agama. [www.tribunislam.com]



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top