Profil Dzikran Kurniawan, Mantan Pegawai KPK, sang Akuntan 'Panglima' Rumah DP Nol Rupiah

Baca Juga 




  Yes  Muslim  -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Dzikran Kurniawan sebagai Kepala Unit Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta.

Proses pelantikan tersebut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno serta pejabat setingkat kepala dinas, sekretaris daerah.

"Pertama saya ucapkan selamat kepada saudara Dzikran, selanjutnya saya berharap di posisi yang baru ini, saudara bisa
menerima tanggung jawab yang diembankan kepada anda," ujar Anies di Balairung Balaikota DKI Jakarta, Jakarta, Jumat 8 Juni 2018.

Sebelum diangkat, Dzikran sebelumnya menjabat Direktur Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan di dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan pernah bekerja di KPK selama 10 tahun.

Nantinya Dzikran akan mengurus program perumahan bagi warga Jakarta, termasuk program rumah DP 0. Anies menilai Dzikran mempunyai potensi yang baik untuk menempati posisi sekarang melihat dari pengalamannya.

"Itu sebabnya program ini nanti kita percayakan kepada Pak Dzikran. Jadi saat yang lain libur, Ia mulai bekerja. Inshaallah beliau menjalankan tugasnya sesegera mungkin," tambah Anies.

Lebih lanjut, Anies meminta kepada semua pihak untuk turut membantu dan memberikan waktu kepada Dzikran untuk menata berbagai hal di awal jabatannya ini.

"Sekali lagi selamat menjalankan tugas," tutup Anies.

Sumber: NUSANEWS






Dzikran Kurniawan, Akuntan 'Panglima' Rumah DP Nol Rupiah



Dzikran Kurniawan secara resmi telah dilantik oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Kepala Unit Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota, Jumat (8/6). Dia bakal bertanggung jawab terkait program rumah DP nol rupiah.

Dilansir dari laman PPID Pemprov DKI Jakarta, Dzikran merupakan lulusan sarjana akuntansi dari Universitas Hasanuddin yang kemudian meraih gelar magister sains di Pascasarjana Ekonomi dan Keuangan Syariah, Universitas Indonesia.

Ia memulai karirnya sebagai akuntan di Badan Akuntasi Keuangan Negara (BAKUN) dari tahun 2001 hingga 2003. Dari situ, Dzikran melanjutkan karirnya sebagai fungsional utama di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari tahun 2004 hingga 2013.

Selesai bertugas di KPK, Dzikran menjabat sebagai Direktur Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di sana dia mengabdi dari 2015 sampai 2018.

Sebagai akuntan atau ahli keuangan, sejumlah penghargaan pun diterima Dzikran. Di antaranya Certified of Information Systems Auditor (CISA), Certified of Fraud Examiner (CFE), Certified of Internal Auditor (CIA), dan Certified of Public Accountant (CPA).

Kini, Dzikran mengemban jabatan baru sebagai Kepala Pelaksana program rumah DP nol rupiah yang merupakan program kampanye Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Pelantikan dan pengangkatan Dzikran tersebut berdasar Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 995 tahun 2018.

Dzikran menyampaikan jabatan yang diembannya saat ini merupakan sebuah amanah yang besar. Sebab, ia akan menjalani kepala atau penanggung jawab dari sebuah program yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta, yakni program rumah DP nol rupiah.

"Dan memang perumahan ditunggu-tunggu, pasti ekspektasinya tinggi," kata Dzikran usai pelantikan.

Ia pun meminta dukungan dari semua pihak, tidak hanya dari jajaran Pemprov DKI, tetapi juga dari masyarakat Jakarta.

Lebih lanjut, Dzikran menjelaskan yang menjadi fokus dari program rumah DP nol tersebut adalah menyelesaikan berbagai persoalan, salah satunya terkait dengan proses penyicilan rumah tanpa perlu membayar DP lebih dulu.

"Mereka bisa menyicil tapi masalahnya kalau ke bank pasti diminta DP, itu kan problem, itu yang ingin diselesaikan," ujar Dzikran. (osc) 
Saksikan Video Cuplikan Gol-gol Piala Dunia 2018 dan Highlights Menarik Lainnya di Trofi Bola Dunia CNNIndonesia.com

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180608165624-20-304646/dzikran-kurniawan-akuntan-panglima-rumah-dp-nol-rupiah



Mengenal Sosok Dzikran Kurniawan, Penanggung Jawab Program Rumah DP 0 Rupiah


SuaraJakarta.co, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Dzikran Kurniawan sebagai Kepala Unit Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta, di Balai Kota, Jumat (9/6).
Anies mengangkat sosok ini dikarenakan, menurut Anies, Dzikran memiliki rekam jejak yang mumpuni, baik di bidang keuangan dan program perumahan.
“Bapak Dzikran Kurniawan ini sebelumnya adalah Direktur Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan di PUPR. Juga beliau hampir 10 tahun berada di KPK. Jadi beliau ini adalah seseorang yang memiliki kompetensi, pengalaman di bidang kebijakan perumahan sampai dengan implementasi,” jelas Anies.
Menurut Anies, tidak banyak orang di lingkungan Pemprov DKI yang siap memimpin dan memiliki pengalaman seperti itu.
“Itu sebabnya kita percayakan untuk program ini dilaksanakan oleh pak dzikran ini ,dan kita bersyukur sebenarnya karena tidak banyak orang di lingkungan kita yg mau memimpin langsung dengan pengalaman seperti ini,” tambah Anies.
Wagub Sandiaga menjelaskan dengan telah diangkatnya sosok Dzikran, diharapkan program rumah sejahtera ini bisa tereksekusi dengan baik.
“Saya sampaikan kantor kami terbuka 24 jam, silahkan datang untuk langsung bisa mengeksekusi program-program, dan tentunya sekarang para media tidak perlu lagi mencari saya dan pak gubernur lagi, langsung saja sama pak Dzikran, beliau yang lebih mengerti secara teknis,” jelas Anies.

Pelantikan dan pengangkatan Dzikran tersebut berdasar Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 995 tahun 2018.
Lebih lanjut, Dzikran menjelaskan yang menjadi fokus dari program rumah DP nol tersebut adalah menyelesaikan berbagai persoalan, salah satunya terkait dengan proses penyicilan rumah tanpa perlu membayar DP lebih dulu.

“Mereka bisa menyicil tapi masalahnya kalau ke bank pasti diminta DP, itu kan problem, itu yang ingin diselesaikan,” ujar Dzikran.
Berikut ini perjalanan karir dari Dzikran Kurniawan:
* 2015 – 2018 Direktur Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan PUPR
* 2004 – 2013 Fungsional Utama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
* 2001 – 2003 Akuntan Badan Akuntansi Keuangan Negara (BAKUN)
Latar Belakang Pendidikan:
* 2011 Magister Sains, Pascasarjana Ekonomi dan Keuangan Syariah, Universitas Indonesia, Jakarta
* 1999 Sarjana Akuntansi, Universitas Hasanuddin, Makassar
Sertifikat Profesional:
* 2010 Certified of Information Systems Auditor (CISA)
* 2008 Certified of Fraud Examiner (CFE)
* 2007 Certified of Internal Auditor (CIA)
* 2001 Certified of Public Accountant (CPA)


Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top