Disebut Bukan Susu, Ini Kata Ahli Gizi Soal Susu Kental Manis

Baca Juga 



  Muslim  Boss  -  Meskipun bernama susu kental manis, tetapi produk ini kandungannya berbeda dengan susu sapi. Banyak orang yang masih salah kaprah tentang susu kental manis.

"Susu kental manis ada kandungan susunya tapi lebih rendah daripada kandungan gulanya," jelas Leona Victoria Djajadi MND, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. 

Disebut Tak Mengandung Susu, Ini Kata Ahli Gizi Soal Susu Kental ManisFoto: iStock

Sehingga menurut Victoria, ini tidak bisa disebut sebagai sumber kalsium maupun sumber susu. Susu kental manis juga tidak boleh diberikan sebagai konsumsi harian anak karena bukan sumber kalsium sesungguhnya.

"Tingginya kandungan gula dalam susu kental manis bisa membuat dasar rasa manis yang tinggi karena terbiasa minum susu kental manis, asupan kalori yang berlebihan terutama dari gula yang bisa mengakibatkan overweight dan obesitas dan kandungan gula tinggi juga bisa merusak gigi si kecil dan kebutuhan kalsium si kecil tidak tercukupi," ungkap Victoria kepada detikFood (03/07).

Menurut Surat Edaran tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) Pada Mei 2018. Ada beberapa larangan produsen susu kental manis dalam rangka melindungi konsumen terutama anak-anak dari informasi yang tidak benar dan menyesatkan.

Beberapa larangan yang perlu diperhatikan adalah:

a. Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 (lima) tahun dalam bentuk apapun.

b. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disertakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/ susu formula/ susu pertumbuhan.

c. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan / atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.

d. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.



Selain dilarang untuk anak-anak. Orang dewasa juga harus membatasi konsumsi susu kental manis. Menurut Victoria, pria dewasa konsumsi maksimal gula adalah 9 sdt (37,5 gr) dan wanita 6 sdt (25 gr). "Jadi 1 porsi susu kental manis sudah mengandung 22 gram, sudah hampir batas maksimum. Belum lagi dihitung kandungan gula yang didapatkan dari makanan lain," pungkasnya.

Victoria pun tidak merekomendasikan Anda untuk konsumsi susu kental manis setiap hari. Ini sebaiknya dimasukkan ke dalam kategori "extra food" sama seperti minuman bersoda, kue, es krim dan keripik-keripik. "Jadi 1-2 kali saja dalam sebulan," tutup Victoria.



https://food.detik.com/info-sehat/d-4097971/disebut-bukan-susu-ini-kata-ahli-gizi-soal-susu-kental-manis

Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top